RSIA Hj. Karmini Raih Akreditasi Pertama di Kota Tasik

TAWANG, (KAPOL).- Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA)dr. Hj. Karmini menjadi rumah sakit pertama di Kota Tasikmalaya yang meraih akreditasi perdana. Setelah komite akreditasi rumah sakit melakukan verifikasi beberapa waktu lalu.


“Alhamdulillah kita dinilai sebagai rumah sakit ibu dan anak pertama yang meraih akreditasi. Tentunya ini menjadi motivasi kita untuk terus melakukan pelayanan terhadap masyarakat,” ujar Direktur RSIA dr. Hj. Karmini, dr. Wulan Dwi Sakinah kepada wartawan, Jumat (4/1/2019).


Akreditasi tersebut dari penilaian tim terhadap pelayanan, sumberdaya manusia, sarana dan prasarana. Meskipun baru tingkat perdana, di tahun selanjutnya berbagai tambahan parameter harus dipenuhi untuk tingkat paripurna.

“Akreditasi ini juga kan sebagai syarat kerjasama dengan BPJS kesehatan. Kita termasuk rumah sakit tertua di luar pemerintah sejak tahun 1994,” katanya.


“Sebagai rumah sakit, tentunya kita juga ingin menyehatkan masyarakat. Bukan hanya soal penanganan saja, tapi edukasi terhadap masyarakat yang masih awam terhadap perkembangan dunia kesehatan. Termasuk kesehatan ibu dan anak,” ujarnya menambahkan.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Cecep Z Kholis mengatakan akreditasi merupakan perintah undang-undang jadi kedepan semua institusi layanan kesehatan itu harus diakreditasi. Mulai dari puskesmas-puskesmas, rumah sakit, klinik-klinik itu harus diakreditasi agar mutu layanan dan keselamatan pasien terjamin.


“Puskesmas di Kota Tasikmalaya sudah semuanya sebanyak 21 puskesmas sudah diakreditasi. Kalau rumah sakit baru tiga dengan tingkatan paripurna yaitu, Rumah Sakit dr Soekardjo, TMC dan Jasa Kartini. RSIA Hj Karmini untuk katagori RSIA ini yang pertama mengikuti program khusus akreditasi,” katanya. (Inu Bukhari)***