oleh

Rumah Dirobohkan, Ny. Ubed Malah Sumringah

TASIKMALAYA, (KAPOL).– Raut muka Ny Ubed Jubaedah (69) terlihat sumringah ketika rumahnya dirobohkan.

Guru ngaji di kampung Sukamulya, Desa Sundakerta, Kecamatan Sukahening itu sudah lama tinggal di rumah yang tidak layak huni.

Sebagai guru madrasah dan ngaji anak-anak, Ny Ubed itu belum bisa memperbaiki rumahnya yang rusak akibat dimakan usia.

Ia terus berdoa agar bisa tinggal di rumah yang layak huni.

Selain menjadi guru ngaji, ia juga kerap berjualan sayuran di rumahnya. Hanya saja hasil jualan sayuran hanya cukup untuk biaya makan sehari-hari sepeninggalan suaminya sejak beberapa tahun lalu.

Namun kini, rumahnya yang sudah Reod itu dibongkar oleh pasukan dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Tasikmalaya dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tasikmalaya Jumat (18/10/2019).

Kedua lembaga itu bergotong royong membongkar dan membangun kembali rumah milik Ny Ubed agar lebih nyaman ditinggali, karena selama ini kondisinya sangat memprihatikan, karena sudah sangat lapuk.

“Alhamdulillah impian untuk bisa memperbaiki rumah peninggalan dari suami terjawab. Sekarang rumah bisa diperbaiki,” kata Ny Ubed saat rumahnya dirobohkan Jumat.

Ia mengaku bersyukur karena rumahnya yang rusak parah dalam waktu dekat ini akan kembali bagus dan layak untuk ditinggali. Beda ketika saat dalam kondisi rusak kerap resah ketika hujan tiba khawatir rumahnya roboh.

“Nanti mah tidur bisa nyenyak tidak seperti saat masih rusak. Semoga kebaikan yang diberikan kepada saya dibalas oleh Allah,” katanya.

Koordinator TKSK Kabupaten Tasikmalaya, Dwi Juli Kusmorof mengatakan pihaknya merasa prihatin dengan kondisi rumah Ny Ubed yang kondisinya rusak parah. Namun Ny Ubed tidak memiliki biaya untuk memperbaikinya.

“Pengabdian Ny Ubed bagi masyarakat utamanya dalam mendidik anak sangat luar biasa. Ia sudah lebih dari 40 tahun menjadi guru Diniyah dan guru ngaji,” katanya.

Pihaknya terus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak termasuk Baznas Kabupaten Tasikmalaya sehingga terkumpul sejumlah dana untuk membangun kembali rumah Ny Ubed agar layak ditempati. (KP-03)***

Komentar

News Feed