Rumah Tertimpa Tebing, Sekeluarga di Ciamis Ini Selamat

BAREGBEG, (KAPOL).-Beruntung. Kata tersebut mungkin bisa mengambarkan apa yang dialami Rusmini ( 71) dan empat anggota keluarganya, Rabu ( 5/12/2018) dini hari.

Sekitar pukul. 00.30 WIB rumahnya yang berada di pinggiri tebing tembok setinggi 30 meter panjang 20 meter, tepanya di Dusun Nangewer RT 4 RW 3, Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, rusak parah akibta diterjang longsor.

Longsor terjadi akibat tembok benteng penahan tebing milik tetangga yang berada di belakang rumahnya, jebol sepanjang 20 meter dan tinggi 3 meter setelah sebelumnya diguyur hujan yang cukup deras sejak Selasa ( 4/12/2018).

Dinding tembok pada bagian kamar serta tengah rumahnya jebol. Beruntung saat kejadian dia beserta empat anggota keluarganya berhasil menyelamatkan diri.

Rusmini mendiami rumahnya tersebut bersama Ihat, yang merupakan cucunya serta dua orang anak Ihat yang masih berumur 1 tahun dan 3 tahun. Ihat dan ke dua anaknya sesaat sebelum kejadian masih tidur lelap dikamarnya.

Ditemui “ KP” dilokasi Rusmini menceritakan saat kejadian ia beruntung sudah terjaga dari tidurnya sehingga bisa membangunkan cucu serta cicitnya yang masih tertidur lelap.Rusmini sangat merasa bersukur ia bersama cucu dan dua buyutnya bisa selamat dari ancaman maut.

“Awalnya terdengar suar gemuruh dari arah bagian belakang rumah, kemudian kami langsung membangunkan cucu yang pada saat itu tidur bersama kedua anaknya dibagian kamar depan, setelah itu kami langsung lari keluar menyelamatkan diri, setelah berada di luar rumah kami hancur diterjang longsor tembok benteng,” katanya.

Kasi pelayanan Desa Jelat Tatang mengatakan beberapa hari sebelumnya potensi longsor sudah terlihat ada retakan. Pihaknya telah mengantisipasi, namunderasnya curah hujan tinggi langsung merobohkan tebing akita tidak kuat menahan terjangan air.

“Sekarang warga melakukan upaya gotong royong untuk membersihakan matrial longsor. Sementra penghuni rumah mengungsi, kami juga akan mengjaukan kepada pihak pemerintah kabupaten supaya mendapat bantuan perbaikan rumah,” jelas Tatang. (Endang Setia Budi)***

Komentari