IKLAN
LINIMASA

Saatnya Mahasiswa Menciptakan Peluang

image

Ketfot
Prof. H. Kartawan tengah memaparkan entrepreuneur di hadapan mahasiswa semester lima jurusan Manajdmen Unsil, di Gd. rektorat lantai 2, Selasa (01/08/2015).

TASIKMALAYA, (KAPOL)-.

Prodi Strata Satu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi menggelar seminar visit academy inisiasi bisnis, dalam rangka mempersiapkan output sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif.

Dikatakan Ketua Pelaksana Lucky Radi jika kegiatan tersebut salah satu upaya semakin menumbuhkan minat mahasiswa dalam menekuni dunia usaha atau menjadi entrepreneur.

“Sehingga mereka tidak hanya mengetahui jika setelah lulus itu ya cari kerja, tetapi punya option lain yaitu menciptakan peluang kerja yang baru untuk orang lain,” ujarnya dijumpai di sela-sela acara berlangsung di Gd. Rektorat Lantai 2, Selasa (1/9/2015).

Acara yang juga menggabungkan pembicara asal praktisi dan akademisi ini dihadiri oleh para mahasiswa jurusan Manajemen semester lima.
Menurutnya, hal ini pun termasuk ke dalam bagian mata kuliah kewirausahaan.

“Targetnya kami, semester depan mereka bukan lagi bingung memulai usaha, tapi karena bekal hari ini ide mereka nantinya sudah bisa berbentuk produk,” jelas Lucky.

Iklim yang kondusif di Tasikmalaya, dimana mulai berkecambah usaha anak muda dinilai positif Lucky. Terlebih kini Unsil sebagai universitas negeri satu-satunya di Priangan Timur memiliki visi untuk mewujudkan entrepreuneur.

Pihaknya pun, universitas telah memberikan ruang Inkubasi Bisnis untuk mewadahi para anak muda. Dimana nantinya juga rutin digelar sebuah bazaar kreatif mahasiswa sebagai wahana pemasaran produk mereka.

Dia berharap, mahasiswa bisa tergugah dan tidak lagi takut untuk memulai satu usaha.
Guru Besar Universitas Siliwangi Prof. H. Kartawan mengungkapkan jika usaha yang ditekuni mahasiswa itu bisa bermula dari kegemarannya.

“Menghadapi MEA nanti, tantangan jelas akan semakin nyata. Tapi dengan ide kreatif yang tak pernah mati, itu bisa kita ubah jadi peluang yang menguntungkan,” ujarnya yang menjadi salah satu pemateri pagi itu.

Dalam kesempatan tersebut, dia memberikan arahan sekaligus motivasi kepada mahasiswa untuk bisa menangkap kesempatan yang ada.
Kartawan juga mengungkapkan salah satu riset yang memprediksikan Indonesia di tahun 2035 akan termasuk ketujuh ekonomi terbesar di dunia, dan meningkat jadi lima terbesar di tahun 2045 nanti.

“Ini adalah salah satu mengapa lulusan mesti kita persiapkan sebaik mungkin, sekalipun tetap jadi pekerja dan tidak menjadi wirausaha, namun setidaknya jiwa wirausaha itu seyogyanya tetap melekat,” tambahnya.
Hadir juga pada kesempatan tersebut Cucu Haris, alumnus Unsil yang telah sukses berwirausaha untuk menebarkan semangat kepada juniornya. (Astri Puspitasari)***

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top