Safari Literasi Yayasan Ruang Baca Komunitas

BANJAR, (KAPOL).- Mengisi waktu jeda semester, Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) menggelar Safari Literasi ke beberapa sekolah Dasar (SD), di wilayah Kota Banjar.

Giat literasi yang dilaksanakan YRBK terus digelorakan dengan memanfaatkan beragam momentum.

Pendiri YRBK, Sofian Munawar menuturkan, untuk memanfaatkan masa jeda itu banyak pilihan aktifitas.

Selain kegiatan seni dan olahraga, giat literasi juga harus menjadi pilihan utama karena hal ini sangat penting untuk mendorong budaya baca.

Menurutnya, budaya baca akan berimplikasi langsung pada keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah.

“Alhamdulillah kami dari YRBK dibantu teman-teman Mahasiswa, Wartawan, dan relawan lainnya dapat turut mendorong giat literasi siswa di sekolah, terutama melalui Safari Literasi ini,” ungkapnya, Rabu (13/03/19).

Sofian menambahkan, hingga saat ini YRBK sudah melakukan Safari Literasi ke 85 sekolah, pesantren dan komunitas lainnya.

“Pada saat ini momentumnya memanfaatkan masa jeda semester. Harapannya tentu para siswa lebih semangat lagi belajar dalam rangka menghadapi ujian semester serta senantiasa meningkatkan minat dan gairah untuk membaca,” tambahnya.

Aas Aisah, Kepala SDN 2 Pataruman mengapresiasi giat Safari Literasi yang dilakukan YRBK.

Menurutnya terobosan seperti ini sangat diperlukan agar para siswa terus bersemangat dan giat membaca.

“Anak-anak memang perlu terus diingatkan dan didorong supaya mereka tetap dan terus bersemangat. Biasanya, kalau ada dorongan dari luar mereka bisa tambah semangatnya,” ucapnya.

Senada dengan itu, Kepala SDN 2 Binangun, Tina Hustina, juga memberi apresiasi positif dengan Safari Literasi yang dilakukan YRBK.

“Alhamdulillah siswa jadi lebih terpacu untuk belajar lebih giat lagi dan punya keberanian juga untuk berbagi menceritakan buku yang telah dibacanya,” terangnya.

Seperti biasa, dalam Safari Literasi tim YRBK tidak hanya mensosialisasikan pentingnya budaya literasi, tapi juga mendorong para siswa untuk mau berbagi hasil bacaannya. Istilahnya CLBK, Ceritakan Lagi Bacaan Kamu.

“Pokoknya, setiap siswa yang berani tampil ke depan kelas dan mau berbagi cerita dari buku yang sudah dibacanya maka langsung saya kasih hadiah sebuah buku,” titur Sofian Munawar, Bapak Literasi Kota Banjar.

Ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus merangsang para siswa agar membiasakan diri untuk saling sharing. Mereka harus dibiasakan untuk saling berbagi, saling menyemangati, saling mengapresiasi, dan saling menginspirasi. (Agus Berrie)***

Diskusikan di Facebook