Saka Adhyasta Pemilu Kab. Tasik Dikukuhkan

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Inovasi pengawasan pemilu terus dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tasikmalaya. Seperti saat hajat demokrasi Pilgub Jabar beberapa waktu lalu, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya menggandeng Pramuka agar turut serta berpartisipasi dalam pengawasan pemilu.

Namun bedanya kali ini Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya mematenkan konsep tersebut dengan dikukuhkanya Saka Adhyasta Pemilu Pramuka Kabupaten Tasikmalaya. Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda dengan jajaran Komisioner Bawaslu lainnya dikukuhkan langsung oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Tasikmalaya, H. Ruhimat, Kamis (11/10/2018).

Dodi menuturkan Pramuka memiliki jenjang kaderisasi yang jelas sampai ke tingkat ranting. Mereka adalah organisasi yang aktif di bidang pembinaan mental generasi muda. Bahkan anggotanya didominasi oleh kaum pelajar.

“Kondisi ini yang membuat kita tertarik untuk menggandeng Pramuka agar memiliki partisipasi dalam hal pengawasan pemilu, khususnya di Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

Dodi menambahkan lewat gerakan Pramuka, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya ingin memberikan pendidikan politik kepada para pemilih pemula di Kabupaten Tasikmalaya. Terutama sosialisasi soal peraturan pemilu.

“Mana yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan, mana yang tidak boleh dilanggar dan lain sebagainya,” kata Dodi.

Selain itu, kata Dodi, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya juga akan melatih para kader Pramuka tentang prosedur atau cara penanganan jika terjadi pelanggaran pemilu.

“Nanti akan disampaikan kepada kader Gerakan Pramuka sehingga kami juga terbantu oleh mereka,” kata Dodi.

Sementara itu Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Tasikmalaya yang juga Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Ruhimat nenuturkan dibentuknya Saka Adhyasta Pemilu Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya ini jadi bukti bahwa Pramuka mendapatkan kepercayaan yang dilibatkan dalam kegiatan penyelenggaraan pemilu yang sehat, bersih dan berwibawa.

“Pramuka dilibatkan langsung dalam pengawasan Pemilu dan Pilpres 2019. Ini bukti kepercayaan kepada Pramuka,” kata Ruhimat. (Imam Mudofar)***

Komentari