Sambut HUT RI, Pengelola Wisata Kawah Papandayan Gelar Berbagai Perlombaan

CISURUPAN, (KAPOL).-Untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 73, PT Astri Indah Lestari (AIL) sebagai pengelola kawasan wisata Gunung Papandayan akan menggelar berbagai perlombaan dan acara.

Dalam moment peringatan HUT RI ini, para wisatawan yang datang ke kawasan objek wisata yang berlokasi di wilayah Kecamatan Cikajang tersebut bisa mengikuti berbagai perlombaan.

Direktur PT AIL, Tri Persada, menyebutkan sebagai objek wisata alam di Kabupaten Garut, Gunung Papandayan menjadi destinasi favorit bagi wisatawan.

Setiap hari libur, termasuk momen 17 Agustus, banyak wisatawan yang datang ke Gunung Papandayan untuk menikmati liburan sekaligus menikmati keindahan alam gunung api paling aktif di Garut tersebut.

“17 Agustus tahun ini jatuh di pada hari Jumat. Biasanya saat long weekend banyak pengunjung yang datang. Untuk memeriahkan kemerdekaan, kami akan mengadakan lomba-lomba untuk pengunjung,” ujar Tri, Jumat (10/8/2018).

Tri mengatakan, berbagai perlombaan rakyat akan disajikan pihak pengelola di antaranya lomba makan kerupuk, joged balon, tarik tambang, balap bakiak, balap karung, dan lomba kelereng.

Selain lomba tradisional, pihaknya juga mengadakan lomba ketangkasan merakit tenda dan mengumpulkan sampah.“Papandayan kan jadi lokasi berkemah. Makanya ada lomba yang beda dari tempat lain,” katanya.

Adanya lomba mengumpulkan sampah, diharapkan Tri bisa menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan. Terutama kebersihan di kawasan Gunung Papandayan. Pasalnya, masih banyak pengunjung yang belum memahami kebersihan di objek wisata.

“Kami ingin semua orang yang datang ke Papandayan menjaga kebersihan. Lomba pungut sampah ini juga menjadi kampanye pentingnya kebersihan di setiap tempat,” ucap Tri.

Menurutnya, perlombaan tersebut akan digelar mulai Jumat pagi. Pada malam harinya, PT AIL juga menyiapkan acara bagi para pengunjung yang akan menginap di Papandayan.

“Malam hari kami siapkan musik akustik dan api unggun. Biar pengunjung semakin nyaman berkemah di Papandayan. Kami juga adakan lomba menyanyi dan joged,” katanya.(Aep Hendy S)***

Komentari