Sejumlah Perkantoran di Kecamatan Jatiwaras Masih Numpang

JATIWARAS, (KAPOL).-Kecamatan Jatiwaras merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya dengan memiliki 11 desa. Namun, nyatanya kondisi kecamatan ini tidak seperti kecamatan-kecamatan lainnya.

Sejumlah pelayanan publik di wilayah kecamatan tersebut masih banyak yang berstatus menumpang dan sewaan. Selain itu, beberapa di antara infrastruktur kantor dirasakan kurang memadai untuk pelayanan masyarakat.

Hal tersebut dibahas oleh sejumlah organisasi kepemudaan di Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya dalam acara Halal Bihalal yang diselenggarakan oleh KNPI, di Madrasah Al Firdaus, Kampung Pasirparigi, Desa Ciwarak, Kecamatan Jatiwaras, Rabu (12/6/2019).

Dalam acara Halal Bihalal tersebut, tidak hanya menjadi ajang silaturahmi antar organisasi kepemudaan. Namun berlangsung juga diskusi terkait nasib Kecamatan Jatiwaras ke depan. Pasalnya, sejauh ini wilayah Kecamatan Jatiwaras belum memiliki kantor administrasi dan pelayanan publik yang representatif.

“Kecamatan Jatiwaras belum memiliki kantor Polsek, Koramil, Puskesmas dan KUA yang representatif. Padahal, kantor itu sangat penting untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” kata Ketua PK KNPI Kecamatan Jatiwaras, Iim Ali Ismail.

Menurutnya, untuk pelayanan kepolisian masih menginduk pada Polsek kecamatan tetangga. Padahal kecamatan dengan 11 desa dan jumlah penduduk sekitar 40.000 sangat membutuhkan kedekatan pelayanan. Bukan hanya kepolisian, namun pelayanan lainnya seperti Puskesmas.

“Warga Jatiwaras saat membutuhkan pelayanan kepolisian sangat jauh, karena ke kecamatan tetangga. Kan kasihan,” tuturnya.

Dikatakan dia, pihaknya bersama organisasi kepemudaan lainnya, tentu sangat berharap Kecamatan Jatiwaras memiliki lahan yang strategis yang diperuntukan komplek perkantoran. Termasuk nantinya ada pasar rakyat, Masjid Agung, KUA dan fasilitas lainnya.

Dengan berkumpulnya para pemuda ini, diharapkan nantinya bisa bersatu untuk mendorong kepada para pemangku kebijakan apa yang menjadi harapan rakyat. Selain itu, masyarakat juga sangat besar harapan bisa lebih mempersatukan dan bahu membahu untuk membangun Jatiwaras, ungkapnya. (Ema Rohima)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...