IKLAN
BUDAYA

Sekeseler, Para Penerus Kekuasaan Galuh (Tamat)

Oleh: Johan Jouhar Anwari, S.Sos., M.Si.

 

*Lahirnya Kabupaten Galuh

Proses lahirnya Kabupaten Galuh tidak bisa lepas dari keberadaan kekuasaan para Bupati yang berada di wilayah eks, Kerajaan Galuh pada waktu itu.

Sebagai bukti, Kadipaten Ciancang/Utama, Cibatu Nagri Ciamis, dan Kadipaten Imbanagara di-rendon (disatukan) oleh Pemerintah Kolonial Belanda menjadi satu kadipaten/kabupaten, yang diberi nama Kabupaten Galuh.

Pusat Kabupaten Galuh pun di wilayah Kadipaten Cibatu Nagri Ciamis, dengan Bupati pertamanya diangkat dari Bupati Cibatu Nagri Ciamis sendiri yakni Tumenggung Adipati Kertanagara alias Jaengpati VI -keturunan kiai Gede Utama dari putra Jangpati Jangbaya.

Adapun Kadipaten Kawali baru digabungkan ke kabupaten Galuh ketika berakhirnya masa kekuasaan Tumenggung Mangkupraja II wafat tahun 1818 masehi.

Kemudian Kadipaten Panjalu digabungkan ke dalam kekuasaan Kabupaten Galuh ketika masa kemimpinan Tumenggung Cakranagara II menjadi bupati Panjalu tahun 1820 Masehi.

Akhiran dari tulisan ini, penulis memiliki harapan, sebelum mengganti nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh kembali, seperti di masa Adipati Kertanagara Jaengpati VI sampai masa akhir pemerintahan Adipati Kusumasubrata.

Alangkah eloknya, melakukan telaah mendalam sekaligus instrospeksi dalam upaya penyempurnaan terhadap sejarah lahirnya Kabupaten Ciamis, terutama pengungkapan makna dari nilai-nilai ke Galuhan, hasil-hasil budaya dan pemeliharaan dari kabuyutan-kabuyutan perabadan masa lalu yang keberadaannya sebagian besar luput dari perhatian pemerintah daerah Kabupaten Ciamis.

Telaah mendalam dan instrospeksi diperlukan supaya jangan sampai di kemudian hari setelah Kabupaten Ciamis diubah menjadi Kabupaten Galuh, generasi berikut akan kembali menggugat nama Kabupaten Galuh dengan meminta menjadi Kabupaten Ciamis kembali.*

 

Tentang Penulis :

Johan Jouhar Anwari, sehari-hari mengabdi sebagai Kepala SMK Ma’arif NU Ciamis, beraktifitas organisasi sebagai Sekretaris PW. GP. Ansor Jawa Barat, salah satu inisiator di Paguyuban Wargi Galuh Utama.

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top