oleh

Semarak Tahun Baru 1441 H, Pemkab Sumedang

SUMEDANG, (KAPOL).- Dalam rangka menyambut Tahun Baru 1 Muharram 1441 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Sumedang menyelenggarakan kegiatan ‘Semarak Tahun Baru 1441 H’ Kabupaten  yang dipusatkan  di Alun-alun dan Mesjid Agung Sumedang , Sabtu (31/08/2019).

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir pada kesempatan tersebut melepas secara langsung para peserta Pawai Ta’aruf yang diikuti oleh ribuan peserta dari SKPD  Ormas Islam, Majelis Taklim, Pondok Pesantren, TPA, Madrasah, para kepala sekolah, Penyuluh Agama, dan Kelompok Pengajian se-Kabupaten Sumedang ditandai dengan pengibasan bendera.

Adapun rute pawai start dari Masjid Agung Sumedang, Alun-alun, Taman Telor, Alam Sari, Dano Permai, Rancamulya, Tegal Kalong, Talun, Kebon Kol, Cut Nyak Dien, BRI, dan finish kembali di Masjid Agung Sumedang.

Menjelang Magrib digelar Do’a Bersama Akhir Tahun 1440 H dan Do’a Awal Tahun 1441 H serta Salat Magrib berjama’ah.

Do’a bersama dipimpin oleh KH Muhyiddin Abdul Qodir Al-Manafi, Pengasuh Pondok Pesantren dan Majelis Taklim As-Syifa wal Mahmudiyyah.

Acara ditutup dengan Salat Isya berjamaah dan makan tumpeng bersama.

Pada kesempatan tersebut turut, Bupati juga mencanangkan ‘Gerakan Generasi Cerdas EKSOTIK (Ekspresif, Soleh dan Beretika) untuk siswa muslim melalui 9 pembiasaan yang meliputi, 1. Ketika masuk kelas harus dalam keadaan suci, 2. Dapat membaca Al-Quran satu hari satu ayat, 3. Dapat melaksanakan Salat Zuhur di Meajid terdekat, 4. Bicara santun dan hormat terhadap semua orang (3 S: Sapa, Senyum, Salam), 5. Membiasakan membawa dan memakai tempat makan dari bahan yang aman dan alami, 6 .Menjaga lingkungan  tanpa sampah platik, 7. Menyelenggarakan Jumat Ceria, (misal memberi santunan, Jumat Bersih dan lomba kebersihan kelas, 8. Menampilkan karya seni berbasis kearifan lokal, 9. Menyelenggarakan  Parenting Class secara berlala (lesson study, komunitas belajar, dan best practice).

Bupati mengajak seluruh umat Islam, khususnya warga muslim Kabupaten Sumedang untuk menjadikan pergantian tahun baru Hijriah sebagai momentum untuk semakin mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan.

“Mari kita jadikan 1 Muharram 1441 Hijriah ini sebagai momentum untuk berubah dan meningkatkan kesadaran diri agar ukhuwah semakin kuat. Dan mari kita tinggalkan perbedaan-perbedaan yang tak mendasar,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati lebih lanjut, dengan datangnya t

Tahun Baru 1 Muharam 1441 Hjriah, diharapkan mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Kita harus bertekad agar bisa lebih baik lagi ketika memasuki Tahun Baru 1441 H ini dalam segala aspek kehidupan, khususnya dalam hal keimanan dan ketaqwaan kepada Sang Khaliq sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT,” pungkasnya. (KP-02)***

Komentar

News Feed