Sempat Hilang, Nelayan Pangandaraan Ditemukan di Cilacap

Nelayan Pangandaran Ditemukan Selamat Terombang Ambing Di Tengah Laut

PANGANDARAN,(KAPOL).-Setelah dilakukan upaya pencarian, akhirnya Amin Marola nelayan asal Desa Batukaras, Cijulang Kab Pangandaran ditemukan di perairan Cilacap Jawa Tengah setelah menghilang selama dua hari. Pada saat itu cuaca ekstrem di peraran laut bagian selatan pulau Jawa tengah berlangsung.

Menurut Kasat Polisi Perairan Pangandaran Polres Ciamis, AKP Samuji, berdasarkan keterangan, Amin berangkat melaut sejak Sabtu 9 Maret kemarin sekitar pukul 15.00 WIB.

“Dia berangkat sendirian dari pelabuhan Batukaras,” ujar Samuji, Senin, (11/3/2019).

Namun kata Samuji, keesokannya Amin belum juga pulang dari melautnya yang kebetulan pada saat itu cuaca kurang mendukung atau cuaca nya sedang ekstrem. Dan mendapat informasi dari RN bahwa Amin menghilang saat melaut.

“Kami langsung menginformasikan ke jajaran Sat Polair wilayah selatan Jabar termasuk juga melakukan koordinasi dengan Sat Polair Polres Cilacap,” ujarnya.

Lalu setelah dilakukan upaya pencarian oleh 8 orang nelayan Batukaras dengan mengerahkan dua buah perahu. Namun Amin sudah ditemukan oleh kapal nelayan dari Nusawiru Cijulang yang kebetulan tengah mencari ikan di laut.

“Akhirnya Amin ditemukan di atas perahu sedang terombang ambing ditengahblaut dalam kondisi mesin perahu mati,” katanya.

Korban langsung di bawa ke Mako Sat Polair Polres Cilacap dan diserahkan kepada pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kab Pangandaran yang ikut menjemput korban ke Mako Sat Polair Polres Cilacap Jawa Tengah.

“Korban yang dalam keadaan selamat langsung di bawa pulang melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan,” pungkasnya.

Sekretaris HNSI Kab Pangandaran, Fuad Husein, membernarkan atas hilangnya nelayan asal Desa Batukaras dua hari yang lalu dan sudah diketemukan di perairan laut Kab Cilacap Jawa Tengah.

Bahkan kata Fuad, beberapa nelayan pun ikut melakukan upaya pencarian, beruntung, ada kapal nelayan dari Nusawiru yang sedang mencari ikan di tengah laut dan menemukan sebuah pelahu sedang terombang ambing, dimana nelayan asal Batikaras yang bernama Amin Marola berada di dalam perahu tersebut dan meminta tolong.

“Setelah ada informasi korban ditemukanbdan di bawa ke Mako Sat Polair Polres Cilacap, Pengurus RN Desa Batukaras langsung menjemputnya dan membawa pulang korban kerumahnya dengan selamat,” ujar Fuad. (Agus Kusnadi)***