IKLAN
BUDAYA

Seniman Jatinangor Turut Merayakan Dies Natalis ke-58 Unpad

image

Seni reak disuguhkan warga Desa Hegarmanah Kec. Jatinangor memeriahkan acara Dies Natalis ke-58 Unpad | AZIS/"KP"

JATINANGOR, (KAPOL).-
Kecamatan Jatinangor, diakui menjadi kawasan pendidikan yang juga memiliki potensi kuat dalam bidang seni dan budaya. Pegiat seni dan budaya khususnya “pituin” Jatinangor pun tersebar di 12 desa se-Kec. Jatinangor.

Kiprah pegiat seni dan budaya warga Jatinangor tersebut salah satu aset serta potensi bagi Kabupaten Sumedang serta Jawa Barat.

Disampaikan, Camat Jatinangor Dra Ida Farida Sobandi melalui Sekcam Dase Suheryana kepada Kabar Priangan Online (KAPOL), seusai acara Dies Natalis ke-58 Unpad  di Kampus Universitas Padjajaran (Unpad) Jatinangor, Minggu (13/9/2015).

“Keterlibatan para pegiat seni dan budaya warga Jatinangor pada acara Dies Natalis Unpad,  sebuah bukti bahwa aneka kesenian dan kebudayaan Jawa Barat itu ada sejak lama di Jatinangor. Bahkan, kiprah mereka pun tak perlu diragukan. Beberapa momen kelas lokal dan regional pun pernah diikutinya,” tutur Dase.

Menurut Dase, ada beberapa potensi seni budaya yang juga pegiatnya merupakan warga Jatinangor seperti seni reak, karinding, celempungan, jaipong, degung dan sebagainya.

Hanya saja, kata dia, eksistensi mereka pun dianggap tepat jika diperhatikan lebih serius oleh Pemkab Sumedang agar kiprahnya tetap berjalan serta potensinya bertambah “keren”.

“Pemerintah Kecamatan Jatinangor khususnya, acap kali melakukan pembinaan atau tak sekedar melakukan pendataan terhadap aktivitasnya itu. Kemampuan mereka pun kita promosikan melalui berbagai kegiatan pentas seni seperti yang digelar oleh pihak Kecamatan dan Pemkab Sumedang serta pihak swasta,” tuturnya. (Azis Abdullah)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top