Setelah Lebaran, Puskesmas Dipadati Pasien

CIAWI, (KAPOL).-Pasca lebaran, tingkat kunjungan ke sejumlah Puskesmas di Kabupaten Tasikmalaya mengalami peningkatan dibandingkan hari biasanya. Kondisi tersebut salah satunya di UPT Puskesmas DPT Ciawi.

Sejumlah masyarakat yang hendak mendapatkan pelayanan kesehatannya sudah mengantri sejak pagi hari hingga siang hari. Selain mengeluhkan akibat pergantian cuaca, para pasien juga mengeluhkan kondisi kesehatannya akibat pola makan selama lebaran.

“Kunjungan masyarakat yang hendak mendapatkan pelayanan kesehatan pasca lebaran ini memang meningkat, meski tidak signifikan,” kata Kepala UPT Puskesmas DPT Ciawi, Asep Rudi kepada “KAPOL” Rabu (12/6/2019).

Menurutnya, untuk persentase peningkatannya memang belum bisa dihitung, namun yang pastinya terjadi peningkatan dibandingkan hari-hari biasanya sebelum lebaran. Namun demikian, peningkatan itu hanya pada kunjungan rawat jalan saja itu pun pelayanan Poli umum. Sedangkan kunjungan pada rawat inap tidak terjadi peningkatan signifikan.

Rata-rata mereka mengeluhkan flu, batuk, diare, gula dan darah tinggi serta saluran pencernaan. Keluhan itu, memang kerap terjadi pasca lebaran ditambah dengan adanya pergantian cuaca. Biasanya akibat pola makan yang kurang teratur saat lebaran, padahal sebelumnya sudah melaksanakan puasa selama sebulan.

“Keluhan itu didominasi akibat pola makan kurang teratur saat lebaran. Padahal, setelah melaksanakan puasa kondisi tubuh berbeda, selanjutnya mendapatkan masukan asupan berlebihan makanan yang mengandung santan, pedas-pedas, manis, asam, sirup dan bersoda,” tuturnya.

Dikatakan Asrud, sapaan akrabnya, fenomena meningkatnya pasien terjadi setiap tahun selepas lebaran. Namun kondisi ini terrangani dengan petugas yang sudah siap, termasuk ketersedian obat-obatan, ungkapnya. (Ema Rohima)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...