Sindikat Curanmor Dibekuk

AKP Hidayatullah

AKP Hidayatullah

SUMEDANG, (KAPOL).-
Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sumedang berhasil mengamankan lima pelaku Curanmor beserta sindikat pemalsuan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di Kab. Sumedang.

Kapolres Sumedang AKBP M. Nazlly Harahap melalui Kasat Reskrim AKP Hidayatullah mengatakan bahwa pengungkapan perkara tersebut didasari laporan para korban yang sebelumnya menjadi korban pencurian dengan kekerasan (Curas).

“Kelima pelaku Curanmor dan pemalsuan STNK, diketahui TH, JA, AN, MA dan seorang pelajar SMU inisial G,” kata Hidayatullah kepada sejumlah wartawan di Mapolres Sumedang, Selasa (4/8).

Dikatakan, modus pelaku dengan cara mengganti nomor polisi (Nopol), nomor rangka (Noka) dan nomor mesin (Nosin) pada STNK.

Kemudian, kata dia, noka, nosin dan nopol tersebut disesuaikan dengan nomor yang ada pada kendaraan hasil tindakan pencurian.

“Selajutnya, kendaraan beserta STNK tersebut dijual pelaku ke beberapa daerah pinggiran di Kab. Sumedang.” Ucapnya.

Menurutnya, beberapa barang bukti berhasil diamankan seperti enam belas unit kendaraan roda dua (sepeda motor), tiga belas buah plat nomer kendaraan dan tujuh lembar STNK palsu.

Kawanan sindikat pemalsuan STNK itu, kata dia, dijerat KUHP Pasal 363, 345 dan 480 dengan ancaman hukuman penjara diatas 5 tahun.”Kami masih memburu beberapa pelaku pemalsuan STNK. Sebagian pelaku, masuk dalam Daftar Pencarian Orang,” ujarnya. ( Azis Abdullah)

Komentari