IKLAN
EDUKASI

Siswa Jangan Sebatas Mengunyah Teori

image

WALI KOTA sedang memberikan pengarahan sekaligus pembinaan Kepala SD wilayah Barat Kota Tasikmalaya di SD Mangkubumi, Senin (21/09/2015) | ASTRI PUSPITASARI/"KP"

TASIKMALAYA, (KAPOL)-.

Pembinaan kepala sekolah dasar wilayah Barat, Kec. Mangkubumi dan Kec. Bungursari digelar di SD Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Senin (21/09/2015). 

Dihadiri langsung oleh Walikota Drs. Budi Budiman, Kepala Dinas Pendidikan Achdiat Siswandi, Kepala Bidang Pendidikan, serta Kepala UPTD.

Selain, kesempatan tersebut juga dalam rangka peninjauan paska mergernya kedua SD yang dulu berlokasi di tempat yang sama ini.

Budi memotivasi para guru yang diberikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah ini untuk terus meningkatkan kinerja dan profesionalitas dalam menjalani perannya.

“Pembangunan satu daerah tak terlepas dari kualitas pendidikannya, untuk Kota Tasikmalaya ini saja tiga puluh sembilan persennya APBD dialokasikan untuk bidang pendidikan, sebagai investasi jangka panjang yang tentu kami harapkan bisa mencetak SDM handal, berkualitas, kreatif, dan berkarakter,” tutur Walikota.

Agenda pagi itu juga sebelumnya, dilakukan upacara pengibaran benderan yang dipimpin langsung oleh Walikota. Budi mengapplause, kedisiplinan di SD tersebut. Pasalnya penilaian seorang anak didik, tak hanya dari nilai akademik, prestasi kreativitas, namun juga etika termasuk ke dalamnya karakter sikap, cara berpakaian.

“Dari depan itu semua gerak gerik terlihat, tadi diperhatikan semuanya khidmat, tidak ada yang mutar-mutar topi ataupun mengobrol. Meskipun kecil, ini penting diperhatikan, karena menyangkut masalah kedisplinan yang mencerminkan karakter anak didik,” tambah dia.

Budi mengimbau kepada puluhan kepala sekolah tersebut, untuk menggiring siswa turun ke lapangan langsung. Jangan siswa dibiarkan hanya mengunyah sebatas teori saja. Sehingga, anak bisa lebih terampil dalam berpikir maupun bersikap.

“Dalam arti, kita bangun perlahan dari lingkungan sekolah. Supaya ketika terjun ke masyarakat, dia sudah memiliki bekal. Ini juga penting dalam halnya memerangi vandalisme, yang kita perhatikan di semua sudut kota ini tak lepas dari ini. Mari atasi bersama dari lingkungan sekolah untuk arahkan mereka bisa menghargai lingkungan, bangsa, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Achdiat Siswandi mengatakan agenda rutin pembinaan ke beberapa sekolah ini merupakan upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tasikmalaya. “Kepala sekolah perannya sebagai leader ini kan bagian dari dinas juga, dalam pembinaan kita sama-sama saling bertukar informasi terkait perkembangan atau masalah,” ujar dia.

Para pendidik tersebut juga diharapkan bisa lebih mengarahkan kemampuannya secara lebih optimal, agar mampu mencapai tujuan sekolah yang efektif dan efisien. (Astri Puspitasari)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top