SMKN 1 Ciamis Juara II Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Jabar

CIAMIS, (KAPOL).- Perpustakaan SMKN 1 Ciamis meraih juara II Lomba Perpustakaan Sekolah/Madrasah kategori SMA/SMK/MA tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jabar.

Penyerahan penghargaan dilakukan di Graha Perpustakaan Jabar, Kamis (4/11/2019) lalu.

Kepala SMKN 1 Ciamis, Hj. Ika Karniati Sardi, MM.Pd. saat ditemui “KP”, Senin (8/7/2019) mengatakan bahwa prestasi tersebut merupakan penghargaan yang membanggakan bagi SMKN 1 Ciamis karena dapat mengharumkan Kabupaten Ciamis di tingkat Jawa Barat.

“Alhamdulillah, kami bisa bersaing dengan sekolah lainnya. Istimewanya itu yang juara dari SMK hanya SMKN 1 Ciamis, yang lainnya SMA. Mudah-mudahan prestasi ini dapat menjadi pemacu untuk kita lebih berprestasi lagi dan bagi peserta didik dapat menumbuhkan minat baca mereka, karena membaca itu adalah jendela dunia. Katanya ada di internet. Itu beda. Tetap, kebiasaan membaca di buku tidak bisa digantikan dengan membaca di internet,” katanya.

Salah satu poin tambah yang dimiliki SMKN 1 Ciamis yaitu adanya Gazebo Literasi berjumlah 3 unit yang diberinama tokoh-tokoh, yaitu Iwa Kusumasumantri, Chairil Anawar, dan Taufik Ismail. Dengan adanya gazebo tersebut, peserta didik dapat membaca sambil beristirahat maupun melakukan aktivitas lainnya dengan santai.

“Itu (Gazebo Literasi) mungkin menjadi nilai tambah. Pada tanggal 2 Juli itu, Pak Kepala Dispusipda Jawa Barat datang ke sini (SMKN 1 Ciamis), mungkin setelah menentukan kejuaraan. Memang, di perpustakaan kami itu masih ada kekurangan. Kalau dari segi fisik katanya sudah bagus, namun dari segi administrasinya kurang, (karena) belum memiliki akreditasi perpustakaan. Kami baru tahu itu (akreditasi perpustakaan),” ujarnya.

Dijelaskannya, prestasi SMKN 1 Ciamis dalam bidang literasi atau perpustakaan bukan pertama kali. Pada 2015, SMKN 1 Ciamis mengikuti Lomba Perpustakaan Sekolah tingkat Kabupaten Ciamis yang dibagi 2 kategori, yaitu SMA dan SMK dan masing-masing melaju ke tingkat Jabar.

Setelah juara kabupaten, pada tahun itu juga SMKN 1 Ciamis melaju ke Lomba Perpustakaan Sekolah tingkat Jabar dan meraih juara harapan II serta juara kategori SMA Ciamis pun meraih juara di tingkat Jabar. Namun, pada tahun-tahun selanjutnya sekolah lain yang mewakili Kabupaten Ciamis tidak meraih juara di tingkat Jabar.

Tidak patah arang, kemudian pada 2018 SMKN 1 Ciamis ikut kembali Lomba Perpustakaan Sekolah Ciamis dan keluar sebagai juara hingga melaju kembali ke tingkat Jabar.

“Sekarang juara II tingkat Provinsi Jawa Barat. Memang adanya lomba ini untuk meningkatkan pelayanan kepada anak-anak, peningkatan kualitas perpustakaan kami, hingga akhirnya ada pustakawan khusus, maka kami meningkatkan fungsi perpustakaan tersebut,” tuturnya.

Sementara Kepala Perpustakaan SMKN 1 Ciamis Drs. Budi Nugraha, M.Pd. menambahkan bahwa penilaian fisik perpustakaan dan adanya Gazebo Literasi yang dilengkapi daftar menjadi nilai plus bagi Perpustakaan SMKN 1 Ciamis.

Di samping itu, SMKN 1 Ciamis memiliki Pojok Literasi yang juga meraih juara II tingkat nasional. Adanya fasilitas tersebut sebagai upaya memacu peserta didik untuk meningkatkan budaya literasinya melalui buku-buku yang bersifat fiksi hingga non-fiksi.

“Menghadapi Lomba Perpustakaan Sekolah ini, tidak ada persiapan khusus oleh kami, karena memang budaya literasi di Perpustakaan SMK Negeri 1 Ciamis itu sudah biasa. Namun lebih ke pembuatan administrasi sebagai persiapan dan syarat lomba,” katanya.

Sebagai tindak lanjut dari prestasi tersebut, tahun depan SMKN 1 Ciamis akan menggulirkan program program penambahan minat pustakawan remaja yang diwadahi melalui ekstrakulikuler khusus. Pustakawan remaja tersebut nantinya akan melakukan kerjasama dengan Perpustakaan Kabupaten Ciamis melakukan “silang layang” yakni sistem pinjam buku.

Selain meraih prestasi perpustakaan sekolah, Pustakawan SMKN 1 Ciamis Sri Maryati Rahayu, S.IIP juga meraih juara II Pustakawan Sekolah Berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat yang diadakan Dinas Pendidikan Jawa Barat.

“Merasa senang, tapi memang terpacu untuk terus melakukan hal-hal yang lebih baik lagi. Karena belum juara I, saya juga terpacu untuk bisa meraih prestasi lebih baik lagi,” tuturnya.

Meski pertama kali berpartisipasi dalam lomba tersebut, Sri berhasil menjadi juara I tingkat Kabupaten Ciamis dan juara II tingkat Jabar. Lomba tersebut diawali pemilihan di tingkat kabupaten/kota, kemudian disaring di tingkat KCD, hingga ke tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Mudah-mudahan dengan adanya prestasi yang saya dapat ini menjadi pemacu untuk kami berprestasi lagi. Kemampuan yang saya miliki, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk warga SMK Negeri 1 Tasikmalaya. Apa yang sudah saya kerjakan bisa bermanfaat bagi semuanya,” ujarnya. (Aji MF)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...