Sopir Bus di Terminal Ciamis Diperiksa Kesehatannya

CIAMIS, (KAPOL).-Menjelang mudik 2018, sejumlah sopir bus di Terminal Ciamis dites kesehatan umum oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Rabu (6/6/2018). Tes kesehatan ini memastikan sopir dalam kondisi sehat selama mudik.

“Pemeriksaan kesehatan sebagai upaya pencegahan terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan saat mengangkut pemudik. Salah satu penyebab kecelakaan itu karena faktor human error dari awak angkutan,” ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Ciamis Eddy Yulianto Rabu (6/6/2018).

Sopir bus yang dites kesehatan umumnya dari armada antar kota dalam provinsi. Setiap sopir bus yang baru datang di Terminal Ciamis langsung dilakukan tes. Seperti tes tekanan darah dan tes kesehatan umum lainnya. Setelah dinyatakan sehat, sopir bus dipersilahkan melanjutkan perjalanan.

“Kami akan memperingatkan kepada sopir bila kondisinya kurang sehat karena kurang istirahat. Bahkan bisa menyarankan untuk diganti oleh sopir lain atau cadangan yang kondisinya sehat,” jelasnya.

Menurut Eddy, keselamatan di jalan sudah menjadi tanggungjawab bersama. Sehingga sudah seharusnya para awak angkutan menjaga kondisi kesehatannya. Perusahaan Otobus diharapkan ikut memerhatikan para sopirnya.

“Pastikan kondisi kendaraan laik jalan, sebelum berangkat periksa minimal rem utama, lampu, wiper, speedometer dan kelengkapan kendaraan lainnya. Pastikan juga kesehatan dan tidak dalam pengaruh obat-obatan,” jelas Eddy.

Tes kesehatan ini akan terus dilaksanakan. Terutama pada H-7 bekerjasama dengan beberapa instansi seperti Dinas Kesehatan, BNNK dan Kepolisian.(Yogi T Nugraha)***

Komentari