Sosialisasi Saber Pungli di Garut

GARUT, (KAPOL).-Tim satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Provinsi Jawa Barat mengadakan acara sosialisasi saber pungli dilingkungan aparatur pemerintah se-Bakorpem Wil IV, dengan tema “Melalui Saber Pungli Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat oleh Aparatur Pemerintah”.

Acara yang diikuti sebanyak 360 peserta itu berlangsung di Balroom Kassiti 2 Vave Hotel, Selasa (10/4). Ketua Tim Saber Pungli Prop. Jawa Barat, Kombes Pol. Drs. Suryana Diana, mengatakan, kewenangan saber pungli tidak sampai pada penindakan secara hukum, tetapi dengan di bentuknya satgas saber pungli tersebut untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat oleh Aparatur Pemerintah.

“Satgas saber Pungli bukan organisasi untuk penindakan. Begitu Operasi Tangkap Tangan (OTT), kami himpun dan kami salurkan ke kementerian atau lembaga terkait yang berwenang memproses hukum, dan bisa langsung diserahkan ke kepolisian,” ujarnya.

Menurut Suryana, mekanisme saber pungli ketika menerima laporan pengaduan, anggota Tim Pengembangan Aplikasi Pengaduan Satgas Saber Pungli.

Jadi setiap pengaduan akan di kirim kepada kepala posko satgas dan kepala posko dan akan memilah seluruh laporan tersebut.

“Jika dinilai sudah memiliki cukup bukti, laporan akan diteruskan ke kelompok kerja (Pokja) penindakan. Sementara itu laporan yang dinilai belum memiliki cukup bukti akan ditangani oleh pokja intelijen,” ujar Suryana.

Dia mengimbau, untuk seluruh aparatur negara ASN supaya mematuhi semua yang sudah di atur dan ditetapkan oleh UU ASN agar tidak terjerat oleh aturan hukum yang sudah di sahkan oleh pemerintah pusat.

“Dengan begitu, masyarakat merasakan kejujuran kebenaran dalam setiap kebutuhan yang berhubungan dengan pelayanan di berbagai intasi terkait,” katanya.

Hadir pada acara tersebut Kemenkum dan Ham Ahmad Kapi sutisna, Kasub Bid Humas Polda Jabar AKBP adie suwarman, Asbit Intel Kajati Jabar suharso, Dandim 0611/grt di wakili Pasi Intel Kapten Inf Didi S, Wakapolres Garut, Forkompinda Kabupaten Garut, Asisten pemerintahan Setda Garut, Satpol PP, Diskominfo, Inspektorat, serta Para undangan lainya. (Dindin Herdiana)***

Komentari