Sosialisasikan Pilgub Jabar, Agen Sosialisasi Ciptakan Lagu Sendiri

TASIKMALAYA, (KAPOL).-Pilgub teh sakedap deui. Calonna oge sanes hiji. Partaina oge warna warni. Kantun pilih tina hati. 1 2 3 4.

Kantun pilih nu manfaat. Peikeun warga masyarakat. Anu aya di Jawa Barat.

Rindu anu kahijina. Hasanah nu kaduana. Asyik anu katiluna. Deddy Dedi anu kaopatna.

Begitulah lirik lagu khusus yang digunakan KPU Kabupaten Tasikmalaya ketika mensosialisasikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018.

Lagu tersebut diciptakan dan dinyanyikan langsung oleh salah seorang agen sosialisasi Pilgub Jawa Barat asal Kecamatan Tanjungjaya, Nur Ikhsan. Sebagai agen sosialisasi, Ikhsan sengaja membuat lirik lagu tentang sosialisasi dan menyemarakan Pilgub Jawa Barat.

“Banyak cara untuk mensosialisasikan Pilgub. Namun saya lebih memilih dengan lirik lagu dan dinyanyikan di tempat-tempat keramaian,” kata Ikhsan kepada “KAPOL” Rabu (16/5/2018).

Menurutnya, sosialisasi Pilgub melalui lagu yang langsung dinyanyikan oleh dirinya lebih efektif dibanding lainnya. Lagu ini juga direkam dan diputar oleh agen sosialisasi lainnya di tempat-tempat keramaian.

Terlebih, sosialisasi akan lebih diterima masyarakat bila dilakukan dengan cara non formal dibandingkan formal. Intinya, lirik lagu mengajak masyarakat berpartisipasi, menggunakan hak pilihnya dan menentukan calon sesuai dengan hati.

Adapun terkait lirik dibuat dengan bahasa Sunda, karena menurut dia, agar mudah diterima dan disukai oleh masyarakat dengan aransmen khusus oleh musisi yang dikenalnya.

“Liriknya sengaja menggunakan bahasa Sunda agar mudah diterima dan menarik masyarakat,” ucapnya.

Lagu ini selalu dinyanyikan setiap ada acara KPU, sehingga sudah banyak masyarakat yang menghapalnya. Apalagi saat ini KPU sedang melakukan road show untuk melakukan sosialisasi.

Hal tersebut guna mendongkrak partisipasi pemilih untuk datang ke TPS pada 27 Juni 2018 mendatang, ungkapnya. (Ema Rohima)***

Komentari