Staf Kemenpan RI Gadungan Diciduk

image
Wisma tempat calo CPNS, pelaku penipuan dibekuk aparat. | AZIS ABDULLAH/"KP"

JATINANGOR, (KAPOL).-
Sejumlah korban penipuan calon PNS, sebelumnya mengaku percaya pelaku penipuan (NN dan AL) benar-benar bisa meloloskan para korban menjadi calon PNS dan meraih predikat PNS.

Alasannya, para korban mempercayai pengakuan pelaku sebagai pegawai di Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI.

“Sebelumnya, kita diintruksikan melampirkan daftar riwayat hidup melalui alamat email pelaku,” kata salah seorang korban, Jaini Sopian (25) warga Kab. Bandung kepada “Kabar Priangan Online”.

Dikatakan, gelagat pelaku pun tak mencurigakan seperti sebelumya tak meminta uang dan harus mempersiapkan beberapa persyaratan.

“Kita, sempat dikumpulkan di Balai Kota Pemkot Bandung yang mungkin tujuannya untuk meyakinkan para korban,” ucapnya.

Selanjutnya, kata dia, para korban diwajibkan kos dengan alasan untuk mempermudah komunikasi. Biaya kos, kata dia, Rp 1 Juta yang sudah pasti dibebankan kepada korban.

“Kita pun, sempat diperintahkan untuk membeli seragam PNS seperti sepatu, pakaian dinas Korpri dan lain-lainnya,” tutur Jaini.

Kemudian, kata Jaini, pelaku memberikan undangan kegiatan pra jabatan yang di kampus IPDN Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Jumlah korban yang sudah kos di Jatinangor, kata dia, jumlahnya puluhan orang dan dari beberapa daerah di Jabar.

“Alhamdulillah, modus pelaku terungkap agar tak semakin banyak korban penipuan ala pelaku ini,” ujarnya.
(Azis Abdullah)***

Komentari