Stok Darah PMI Kota Banjar Belum Stabil

BANJAR, (KAPOL).- Stok darah di PMI Kota Banjar masih belum stabil. Pergantian dan berakhirnya Bulan Ramadan, tak serta-merta yang donor darah ke PMI Kota Banjar meningkat.

Demikian dikatakan Humas PMI KOta Banjar, Alfan Nurrohman, Senin (24/6/2019).

Menurut Alfan, warga yang donor darah datang langsung ke Kantor PMI Kota Banjar sekarang ini masih sekitar 10 labu per hari.

“Terkait 66 labu darah yang terkumpul pada acara HUT Ke-73 Bhayangkara di kawasan parkir BwP, Minggu, 23 Juli 2019 lalu, dikirimkan langsung ke bank darah RSU. Dipastikan langsung habis,” tutur Alfan.

Untuk menutupi kekurangan darah di Kota Banjar, dikatakan dia, PMI Kota Banjar terus berupaya “ngeureuyeuh”, melakukan pencarian darah menggunakan mobil Unit Transfusi Darah PMI Kota Banjar.

“Pencarian darah bukan hanya di wilayah Kota Banjar saja. Namun, PMI KOta Banjar sudah memprogramkan dalam waktu dekat, menggunakan mobil tranfusi darah berangkat ke Cibeunying, Majenang, Jateng,” ujarnya.

Adapun Kebutuhan darah di rumah sakit se-Kota Banjar sekarang ini mencapai 1000 labu per bulan. Makanya, pencarian darah sempat dilakukannya ke mitra PMI Kabupaten Bandung, selain PMI Cilacap itu.

Lebih lanjut dia mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat dan pendonor di Kota Banjar dan sekitarnya.

Seperti halnya, jelang HUT Ke-73 Bhayangkara, Polres Banjar bersama PMI Kota Banjar menggelar donor darah di kawasan parkir Banjar Water Park (BwP), Minggu, 23 Juni 2019.

Menurut Kapolres Banjar, AKBP Yulian Perdana, pada momen HUT Bhayangkara itu terkumpul 66 labu darah.

Diperoleh dari anggota Polres Banjar, anggota Raider 323/BP, Ibu Bhayangkari dan masyarakat.

“Donor darah ini bukti nyata kepedulian dan kemanusian. Seharusnya diantara kita saling tolong menolong kepada yang membutuhkan darah itu,” ucapnya.

Pada momen itu, Ketua Yayasan Bhayangkari Cabang Banjar,

Ny Indah Yulian, juga melakukan donor darah. Pertama mengisi formulir, pengecekan tensi darah, pengecekan Hb dan selanjutnya pengambilan darah oleh PMI Kota Banjar. (D.Iwan)***

Ket. Foto :
BAKTI kesehatan dan donor darah jelang HUT ke-73 Bhayangkara. Terlihat, Ketua Yayasan Bhayangkari Cabang Banjar,

Ny. Indah Yulian (berbaring) sedang mendonor darah di kawasan parkir Banjar Water Park (BwP), Minggu (23/6/2019).

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...