Strategi PLN Rekrut Talenta Milenial

SURABAYA, (KAPOL).-Guna memenangkan persaingan di era serba kompetitif dan disruptif saat ini, PT PLN (Persero) mengemas program rekrutmen karyawan untuk mendapatkan talenta terbaik kalangan milenia masa kini dalam “Employer Branding,” di Airlangga Convention Centre, Universitas Airlangga (Unair), Surabaya,  Rabu, (13/3/2019).

Employer Branding dengan sasaran membidik milenial ini menyadari, akan lebih efektif jika pesan tentang perusahaan listrik negara itu disampaikan oleh para milenial PLN dalam bahasa dan gaya mereka. Kegiatan inipun dibuka langsung Rektor Unair Prof. Dr. Muhammad Nasih, SE. MT.

Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali, yang juga hadir dan tampilan di lumic glass dengan mengemas bahasa milenial mengatakan, dirinya memperkenalkan sebagai Casting Director dalam PLN Casting Program, yang menghimpun talenta terbaik Indonesia, berkarya di panggung nasional dan global bersama PLN.

“Kami memilih istilah casting program dan bukan rekrutmen pegawai. Karena PLN selalu menghadirkan ‘perubahan’ sesuai kebutuhan zaman. Di era milenial ini, rekrutmen terdengar konvensional dan berkonotasi sebagai bekerja secara konvensional sebagai kewajiban mendapatkan penghasilan semata,” jelas dia.

Sedangkan istilah Casting Program mengapresiasi kaum milenial dengan menghadirkan panggung bagi maha karya para milenial, yang mengekspresikan diri secara profesional, fun, up to date dan happy sehingga layak masuk dalam ‘in the spot light’ di panggung industrial kaum milenial di dalam dan luar negri.

“PLN menyebut para mahasiswa yang hadir sebagai “’Sparkling Talent’. Talenta terbaik Indonesia yang bersinar menyambut persaingan global,” Muhamad Ali.

Rektor Universitas AIrlangga (Unair) Muhammad Nasih,  saat memberikan sambutan pembukaan seminar mengharapkan, ajang seperti ini dirasa cukup penting, sehingga baik para mahasiswa maupun alumni mengetahui dunia kerja secara lebih konkret dan terstruktur, sehingga dapat mempersiapkan diri lebih baik lagi menyongsong karir ke depan yang cemerlang.

Melalui kegiatan semacam ini, para mahasiswa diharapkan mengetahui secara detail dan komprehensif. Sehubungan dengan sistem rekrutmen yang menggambarkan  sistem benefit and compensation yang ditawarkan oleh PLN, budaya kerja perusahaan, dan jenjang karir.

“Sistem rekrutmen dengan pola employer branding ini dirasa efektif dalam menjaring potensi-potensi terbaik dari Universitas Airlangga, sehingga akan menghasilkan simbiosis mutualisme, baik bagi Unair dan juga bagi  PLN,” papar Nasih.

Dalam seminar bertema “Future Electricity” yang dibawakan Muhamad Ali dan Agung Siswanto, Vice President Expert Development & PLN Group,  melengkapi wawasan tentang tantangan dan peluang ke depan yang harus disiapkan oleh talenta di PLN.

“Tantangan masa depan saat ini membutuhkan sentuhan para SDM milenial yang tergambar dalam semangat energi optismisme. Itu sebabnya kami membutuhkan dukungan mereka bersama dengan para talenta muda milenial PLN dari semua unit se-Indonesia,” ujar Muhamad Ali. (Aris Mohamad F)***

Diskusikan di Facebook