Suryaman : Para Pemangku Kepentingan, Agar Siapkan Pembentukan Kabupaten Garsel

GARUT, (KAPOL).- Mencuatnya kembali rencana pemekaran Kabupaten Garut Selatan (Garsel) dari Kabupaten Garut, mendapat sambutan dari para tokoh masyarakat Garsel.

Mereka meminta semua steakholder ikut serta dalam mempersiapkan pembentukan Kabupaten Garsel.

“Semua steakholder termasuk komponen masyarakat harus turut serta mempersiapakan pembentukan Kabupaten Garsel ini. Kami optimis pembentukan Kabupaten Garsel kali ini akan segera terealisasi,” ujar salah satu tokoh Garut Selatan, Suryaman, Kamis (11/7/2019).

Mantan anggota DPRD Garut ini menyebutkan bahwa pemekaran Garut Selatan berpedoman kepada Amanat Presiden dimana di jawa Barat ada tiga kabupaten yang akan dimekarkan termasuk salah satunya Kabupaten Garut.

Namun, perubahan regulasi atau undang-undang terbaru yang mengacu pada Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah sebetulnya tidak banyak perubahan.

Regulasi yang baru menurutnya hanya meriview beberapa bagian sementara inti permasalahannya masih tetap sama.

Yang berbeda dalam hal ini hanya adanya perubahan pengistilahan bahasa dari semual daerah otonomi baru (DOB) menjadi daerah persiapan.

“Memang kajian yang ada perlu adanya review, salah satunya secara administratif pembagian wilayah terutama desa dan jumlah jumlah penduduk. Selain itu pengembangan insfratukrur atau perubahan karena alam, karena sistem, dan kebijakan-kebijakan yang bersikap strategi yang berkaitan dengan pola ruang juga akan menjadi bahan kajian,” katanya.

Suryaman menilai, pada prinsipnya akidah dari undang-undang dan kajian yang baru secara aturan masih tetap sama dengan yang dulu.

Hanya memang terdapat sedikit perubahan sistem, salah satu contoh kabupaten hanya menyampaikan kajian dasar beberapa kondisi eksisting kepada pemprov.

Sedangkan untuk kajian strategi termasuk desertada dilakukan oleh pemerintahan pusat dengan pelaksana lembaga independen.

Dikatakan Suryaman, apa yang sebelumnya diungkapkan Bupati Garut, Rudy Gunawan dan anggota Presidium Masyarakat Garut Selatan, Dedi Kurniawan terkait persiapan pembentukan Kabupaten Garut Selatan memang ada benarnya.

Namun permasalahnnya tidak serumit apa yang dibayangkan karena menurutnya saat ini hanya diperlukan adanya persiapan-persiapan konferensif baik dari pemerintah, masyarakat, dan para tokoh.

“Hanya saja persiapannya harus terkonsentrasi dalam antisipasi menghadapi regulasi tentang penataan daerah atau persiapan pemekaran kabupaten,” ucap Suryaman.

Masih menurut Suryaman, yang lebih utama saat ini harus ada persiapan pengembangan suatu kawasan yang berbasis pembangunan wilayah yang tentunya harus terencana dan tertuang dalam RPJMD.

Ini termasuk dalam persiapan perencanaan penataan kawasan termasuk rencana kawasan ibukota yang harus tercantum dan tersirat dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW). (Aep Hendy S)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...