Taman Digital Dibangun di Pantai Pangandaran

PANGANDARAN, (KAPOL).- Menindaklanjuti pertemuan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang pada saat itu oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Undang Sohbarudin langsung ditemui oleh Sekretaris Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Ukus Kuswara di ruang kerjanya di Jakarta.

Kunjungan Sekretaris Kementerian Pariwisata RI Ukus Kuswara bersama jajarannya ke Pangandaran langsung disambut oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Adang Hadari.

Dari hasil pertemuan Bupati Pangandaran dengan Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara telah membuahkan hasil yang baik bagi Pangandaran ke depan.

Pemerintah Pusat akan bantu pengembangan wisata di Kab Pangandaran termasuk obyek wisata Cagar Alam Pananjung pada tahap awal dan pengembangan wisata Pangandaran secara luas.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan, bahwa pihaknya tengah melakukan komunikasi dengan pihak Kementerian Pariwisata RI mengenai penataan pantai barat dan pantai timur Pangandaran.

“Kita lakukan komunikasi secara intens dengan pihak Kementerian Pariwisata. Sejak saya menyampaikan ke Jakarta kemarin, kunjungan Sekretaris Kemenpar merupakan tindaklanjut pertemuan kita untuk penataan pantai Pangandaran,” ungkap Jeje, Minggu, 12 Agustus 2018.

Terkait desain untuk penataan pantai, kata Jeje, sudah disampaikan ke kementerian Pariwisata, dan pihaknya menilai bahwa desain yang dibuatnya itu dinilai sudah memenuhi standar.

Begitu juga dengan rencana Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kab Pangandaran, menurut Jeje, juga sudah disampaikan ke Kementerian Pariwisata.

“Untuk KEK kan masih ada beberapa persyaratan yang belum selesai. Pada September ini kita akan lakukan pemaparan lagi di Dewan KEK Nasional,” ujarnya, seraya dirinya mengatakan, terkait keberadaan obyek wisata Cagar Alam, pemerintah daerah ingin mendorong kontribusi yang besar untuk pengembangan Cagar Alam di Pangandaran.

“Nanti kita akan berkoordinasi dengan Kementerian Kehutanan soal rencana pengembangan obyek wisata Cagar Alam di Pangandaran,” ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kab Pangandaran, Undang Sohbarudin mengatakan, peninjauan oleh Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara ke beberapa lokasi di Pangandaran yakni ke lokasi pantai barat dan timur, Cagar Alam, rencana lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Grand Pangandaran dan lokasi pembangunan Piamari yang di bangun oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan RI di kawasan pelabuhan PPI Cikidang Babakan Pangandaran.

Soal keberlangsungan tahapan untuk KEK sendiri, menurut Undang, berdasarkan informasi dari pihak oengelola atau pengusung bahwa untuk administrasi yang 17 item sudah selesai dan masuk di Dewan KEK.

“Tinggal pembahasan saja. Dan sudah menjadi catatan di Kementerian Pariwisata juga,” ujar Undang.

Lalu lanjut Undang, adanya perhatian khusus ke Taman Wisata Alam Cagar Alam untuk ditangani lebih baik dan propesonal karena di pandang TWA memiliki daya tarik yang luar biasa.

Adanya komitmen keinginan yang sama dengan bupati dari para pimpinan tinggi Kemenpar untuk membangun wisata di Pangandaran menjadi kelas dunia serta perhatian  terhadap proses pembentukan kawasan KEK di Pangandaran.

Sekretaris Kemenpar, Ukus Kuswara dalam kunjungannya ke Pangandaran mengatakan, bahwa Gubernur Jawa Barat itu akan memperioritaskab Kab Pangandaran.

Sehingga kalau Pangandaran disentuh ramai-ramai baik dari infrastrukturnya, aksesnya kemudian aminitasnya nanti.

“Apalagi ini sudah merencanakan untuk pembangunan taman-taman digital di obyek wisata pantai Pangandaran. Jadi bagus sekali,” ungkap Ukus.

Maka Kementerian Pariwisata akan mendorong terhadap daerah-daerah yang mempunyai potensi seperti Pangandaran ini untuk bisa mengembangkan wisatanya.

“Karena itu sudah menjadi kebutuhan bersama, apalagi saat ini sudah menjadi sektor pariwisata unggulan. Dan Kementerian Pariwisata itu lebih kepada bagaimana mendorong agar semua pihak agar bisa mengembangkannya,” pungkasnya.

Kunjungan Sekretaris Kementerian Pariwisata RI, Ukus Kuswara ke beberapa lokasi obyek wisata di Pangandaran, seperti pantai barat dan timur sebagai lokasi penataan pantai, ke lokasi Grand Pangandaraan yang diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), juga meninjau lokasi obyek Taman Wisata Alam (TWA) Cagar Alam yang berada di gunung Pananjung pantai Pangandaran. (Agus Kusnadi)***

Komentari