IKLAN
POLITIKA

Tanpa Kehadiran “Pengantin” Pendaftaran Ditolak

Deden Nurul Hidayat (tengah)

ERWIN R WIDIAGIRI/”KP” | Deden Nurul Hidayat (tengah) saat memberikan keterangan kepada media.*

TASIKMALAYA, (KAPOL).-
Ketua Komisioner KPUD Kabupaten Tasikmalaya, Deden Nurul Hidayat mengatakan hingga tenggat pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati, Selasa (28/7/2015) baru menerima satu pasangan Balon, H. Uu Ruzhanul Ulum, SE berpasangan dengan H. Ade Sugianto, S.Ip. Sepasang petahana itu mendaftar tepat di pukul 15.00.

“Berkas yang bersangkutan setelah kami teliti, partai yang mengusung pasangan tersebut yakni PDI Perjuangan, PAN, Golkar dan PKS,” kata Deden kepada wartawan saat jumpa pers.

Menurutnya, usungan dari PPP, setelah diteliti dianggap tidak sah. Karena yang bersangkutan hanya mengantongi SK DPP dari Romahurmuzy, tidak dibarengi dengan SK DPP kubu Dzan Farid. Hal ini KPUD bersikap tegas, bahwa PPP diabaikan.

“PPP berbeda dengan Golkar, sehingga kami harus tegas dan mengabaikan,” ucapnya.

Namun, lanjut Deden, dengan melihat komposisi partai pengusung maka berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2015 dan Peraturan KPU Nomor 9 Jou PKPu nomor 12 bahwa pasangan bakal cabup dan cawabup, Uu – Ade dianggap telah memenuhi syarat.

“Tinggal berkas dokumen pribadi atau berkas dokumen dukungan pencalonan yang segera menyusul,” ungkapnya.

Sedangkan bakal calon wakil bupati yang diusung Partai Demokrat, Nandang Gaoshul Adzim dinyatakan tidak memenuhi syarat.  Selain yang bersangkutan tidak hadir saat mendaftarkan diri, juga tidak dilengkapi dengan SK DPP Partai Demokrat. Selain itu, pengusungan balon itu dinilai tidak disertai pendamping bakal calon bupati. Pasalnya ada ketentuan yang menegaskan, tanpa kehadiran “pengantin” pendaftaran akan ditolak.

“Berdasarkan PKPU nomor 12 Tahun 2015, pasangan calon yang akan mendaftar serta pimpinan partai pengusung wajib hadir. Sehingga pendaftaran ini ditolak, karena pasangan calon tidak dihadirkan,” kata Deden. (Ema Rohima)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top