Target Menang Pemilu, Golkar Siapkan Saksi Disetiap TPS

SINGAPARNA, (KAPOL).- Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya menargetkan menjadi partai pemenang dalam Pemilu 2019 mendatang.

Salah satu strategi, untuk mencapai target tersebut yakni dengan mempersiapkan saksi-saksi di setiap tempat pemungutan suara.

Bukan hanya keberadaan saksi, namun memberikan pelatihan dan pendidikan terhadap para calon saksi.

Bahkan, untuk merekrut calon saksi dan ditetapkan saksi melalui tahapan seleksi.

Hal tersebut dikatakan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya, Erry Purwanto dalam acara silaturahmi sekaligus pembinaan calon saksi dari Dapil 1 di Cikunir, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (21/10/2018).

Menurutnya, nantinya saksi yang direkrut bukan hanya berkewajiban di TPS saja, namun harus mampu merekrut dan mensosialisasikan cara mencoblos kepada hak pilih.

Untuk perekrutan calon saksi sudah dimulai sejak sekarang. Para kader yang bersedia menjadi saksi di TPS, bisa mendaftar langsung ke Ketua PK Golkar di kecamatannya masing-masing.

Selanjutnya, saksi yang telah terekrut akan diberikan pelatihan atau training of trainer pada Januari mendatang.

Tujuannya, agar teruji kemampuannya baik dalam mengsosialisasikan maupun menjadi saksi di TPS. Hal ini diharapkan menjadi langkah untuk mengawal kemenangan Pemilu.

“Setiap saksi yang akan ditempatkan di setiap TPS minimalnya 2 orang. Pihaknya juga akan lakukan pengawalan pola maksimal, sehingga diharapkan 5 orang saksi per TPS,” ucapnya.

Dikatakan Erry, banyak tugas yang nantinya menjadi tanggung jawab saksi dalam mengawal kemenangan.

Mulai dari sosialisasi, pembelajaran demokrasi hingga tata cara mencoblos. Artinya, saksi tidak hanya pelototi pemungutan suara di TPS.

Namun penting juga sosialisasi proses dan sistem demokrasi yang berkualitas.

Sehingga pelaksanaan politik berkualitas, ada pemahaman demokrasi yang sesungguhnya supaya terlaksana pemilu yang aman dan demokratis, ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Golkar Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Yod Mintaraga mengatakan saksi dan kader yang akan direkrut benar-benar mampu mengawal Pemilu yang bebas dari intimidasi dan kecurangan.

Intinya, Golkar menyambut hajatan politik secara ilmiah, dari penggalangan calonnya, mengetahui niat masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan, penggalangan pemilih ke TPS.

“Kita ingin pelaksanaan pemilu yang berkualitas intinya,” kata Ketua Bappilu Partai Golkar Provinsi Jawa Barat.

Pihaknya juga mengapresiasi upaya DPD Golkar Kabupaten Tasikmalaya dalam memberikan kesempatan terhadap kader muda.

Sehingga sangat penting pendidikan politik bagi kader muda di setiap daerah secara berjenjang. Dia juga ingin ada pendidikan politik pada para pemilih baru agar bisa menjaring pemilih masa depan Golkar.

“Karena parpol tugas utamanya selain untuk menangkap aspirasi masyarakat juga untuk mencetak kader-kader politik,” lanjutnya.

Menurutnya, kondisi kader muda Golkar selama ini dikesampingkan. Kader muda sulit mendapat posisi penting. Sehingga sangat penting untuk lebih memerhatikan kaderisasi partai.

Serta memberi kesempatan lebih lebar kepada kader muda untuk mengemban posisi penting, asal berkualitas.

“Bagaimana caranya kita bisa mendorong kader muda yang berkualitas agar bisa juga menduduki posisi penting,” ungkapnya. (Ema Rohima)***

Komentari