oleh

Tebang Habis Pohon “Paru-Paru” Kota, Sisakan Ketapang Kencana

BANJAR, (KAPOL).- Proyek pembangunan atau perbaikan trotoar di sekitar Jalan Brigjen M Isa Purwaharja dan Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Banjar menimbulkan permasalahan baru dan menjadi sorotan.

Menyusul banyak matrial galian proyek yang berserakan dan mengganggu pengguna jalan, juga banyak pohon yang diperuntukan sebagai paru-paru kota ditebangnya.

Setelah menuai protes masyarakat pengguna jalan kawasan itu, Ketua Komisi 3 DPRD Banjar Bidang Pembangunan, Gun Gun Gunawan, Kamis (3/10/2019), angkat bicara.

“Material bekas galian harusnya jangan terlalu tengah. Otomatis, ini jadi mengganggu pengguna jalan. Termasuk pejalan kaki yang biasa menggunakan trotoar itu,” ucap Gun Gun.

Lebih lanjut dia berharap masyarakat yang melintasi kawasan yang diperbaiki trotoarnya mampu meningkatkan kewaspadaan.

Karena, dibalik proses pembangunan sekarang ini ada harapan trotoar di Kota Banjar kedepan semakin baik dan memberikan kenyamanan untuk semua masyarakat.

“Semoga saja semua proyek pembangunan di Kota Banjar mengedepankan kualitas yang maksimal. Saatnya, masyarakat ikut memantaunya. Proyek berkualitas dipastikan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas dengan waktu yang panjang,” ucapnya.

Ditempat terpisah, Kepala Bidang Pertamanan dan Pengelolaan Lingkungan Kidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar, H.Ninding K, mengakui, terakhir ini banyaknya pohon yang menjadi paru-paru kota yang ditebang habis.

“Hampir semua pohon yang trotoarnya diperbaiki itu ditebang, kecuali ketapang kencana. Direncanakan pohon yang ditebang itu diganti pohon tabe buya,” kata H. Ninding.

Dijelaskan dia, proyek trotoar yang menimbulkan penebangan pohon di jalur hijau itu, selain Jalan Brigjen M.Isa, Jalan Printis Kemerdekaan juga proyek pelebaran jalan Pataruman.

“Berdasarkan aturan yang berlaku, setiap penebangan pohon diharuskan ada izin. Misal, Jalan Printis Kemerdekaan diharuskan memperoleh izin dari Provinsi Jabar. Karena, jalan itu termasuk jalan provinsi,” ujar H.Ninding. (KP-08)***

Foto | POHON ketapang kencana yang selamat dari tebang habis dampak proyek perbaikan trotoar di Jalan Brigjen M Isa Purwaharja, Kamis (3/10/2019).

Komentar

News Feed