Terjadi Kepadatan Arus, Sistem Satu Arah Diberlakukan

KADIPATEN, (KAPOL).-Kepolisian Resort Tasikmalaya Kota memberlakukan one way atau satu arah pada H-2 Lebaran di Tanjakan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (13/6/2018) pada pukul 13.30.

Hal ini karena arus lalu lintas dari arah Bandung menuju Tasikmalaya mengalami kepadatan, sehingga untuk mengurainya diberlakukan satu arah.

Polisi melakukan permberlakukan satu arah dimulai sejak pukul 13.30 hingga pukul 14.30. Arus yang dari arah Tasikmalaya menuju Bandung ditutup tepat di Leter U sekitar 40 menit. Selanjutnya, arus yang dari arah Bandung menuju Tasikmalaya berjalan satu arah. Pemberlakukan satu arah ini sifatnya situasional.

Pantauan di lapangan, saat pemberlakuan satu arah, menyebabkan kendaraan dari arah Tasikmalaya menuju Bandung mengantre. Kendaraan roda empat mendominasi dalam antrean tersebut, yang ekornya hingga Ciawi atau sekitar 5 kilo meter. Sebaliknya, kendaraan yang dari arah Bandung menuju Tasikmalaya terlihat ramai lancar.

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP. Febry Kurniawan Ma’ruf mengatakan pemberlakuan ane way ini untuk mengurai kemacetan atau kepadatan arus, khususnya yang dari arah Bandung ke Tasikmalaya atau pemudik agar bisa lancar.

“Arus dari arah Tasikmalaya ditutup di Gentong. Sementara dari arah Bandung dilepas menjadi satu arah,” ucapnya.

Menurutnya, pemberlakuan ane way tadi kurang lebih selama 40 menit, dan hasil laporan mampu mengurai kemacetan di wilayah Garut. Karena informasi sebelumnya di wilayah Garut terjadi kemacetan, hingga mengular panjang, ungkapnya. (Ema Rohima)***

Komentari