oleh

Terjangan Angin Kencang di Wanaraja Rusak Enam Rumah

WANARAJA, (KAPOL).- Warga Desa Wanaraja dan Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Sabtu (5/10/2019) dibuat panik dengan terjangan angin kencang yang melanda kawasan tersebut.

Warga diimbau untuk waspada mengingat terjangan angin kencang di Garut diprediksi masih akan terjadi dalam waktu beberapa hari ke depan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, menyebutkan sedikitnya enam rumah warga mengalami kerusakan akibat peristiwa tersebut.

Kerusakan yang terjadi berpariasi mulai ringan, sedang, hingga berat.

Dikatakannya, enam rumah warga yang mengalami kerusakan akibat terjangan angiun kencang itu berada di wilayah Desa Wanaraja dan Sukamenak.

Terjangan angin kencang terjadi pada Sabtu sore ini sempat membuat panik warga.

“Terjangan angin kencang itu melanda sejumlah daerah di wilayah Kecamatan Wanaraja. Namun rumah yang mengalami kerusakan terdapat diu dua desa yakni Desa Wanaraja dan Desa Sukamenak,” ujar Agus, Minggu (6/10/2019).

Dari hasil pendataan petugas di lapangan tuturnya, ada enam rumah warga yang mengalami kerusakan baik ringan, sedang, hingga berat.

Empat rumah di antaranya berada di Kampung Pakemitan, Desa Wanaraja dan dua rumah berada di Kampung Nagrog Kidul, Desa Sukamenak.

Disampaikannya, terjangan angin kencang di daerah tersebut cukup menimbulkan dampak menakutkan bagi warga.

Selain mampu menerbangkan genting, terjangan angin juga mengakibatkan sebagian rumah atapnya rusak dan hampir roboh.

“Namun meski terdapat sejumlah rumah yang mengalami keruskan, tidak sampai ada warga yang meninggalkan rumahnya untuk mengungsi. Mereka masih bertahan di rumahnya karena masih cukup memungkinkan untuk ditinggali,” katanya.

Agus menyampaikan, warga diimbau untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya terjangan angin kencang di daerahnya.

Potensi ini menurutnya memang ada dalam kondisi cuaca seperti sekarang ini sehingga patut untuk diwaspadai.

Sebagai langkah antisipasi, Agus menambahkan pihaknya terus melakukan monitoring di beberapa wilayah di Kabupaten Garut.

Hal itu terutama dilakukan di daerah yang memang potensi ancaman terjangan angin kencangnya cukup tinggi.

“Potensi ancaman angin kencang di sejumlah daerah di Garut ini masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan. Oleh karenanya kami mengimbau agar warga tetap waspada dan siaga,” ucap Agus.

Diterangkannya, Kabupaten Garut memang merupakan salah satu wilayah yang rawan terjadi terhadap terjangan angin kencang termasuk angin puting beliung. Hal ini hampir terjadi di seluruh wilayah di Kabupaten Garut mulai dari wilayah utara, tegah, hingga selatan. (KAPOL)***

Komentar

News Feed