Ternyata, Di Tengah Kota Pangandaraan Banyak Gua Menawan

Rupa di Perut Bumi

PARIGI, (KAPOL).-Membicarakan lokasi wisata di Kabupaten Pangandaraan tidak ada habisnya. Bukan hanya pantai tetapi juga wisata gua yang menarik untuk dikunjungi.

Desa Karangbenda yang lokasinya persis di tengah kota Pangandaraan memiliki potensi wisata gua yang belum terjamah wisatawan.

Di desa yang ada di Kecamatan Parigi tersebut setidaknya ada 15 gua alam dengan keindahan stalagnit bagaikan di istana raja.

Pegawai Desa Karangbenda, Teguh (28) mengatakan wilayah Desa Karangbenda rupanya menyimpan sejuta potensi wisata alam yang belum tergali.

Namun setelah adanya program Rupa Bumi dari Kecamatan Parigi akhirnya terkuak bahwa di Desa karangbenda memiliki potensi wisata gua.

“Di sini hampir ada 15 goa dengan stalagnit sangat indah seperti istana kerajaan,” ungkapnya Selasa (22/1/2019).

Menurutnya, dari 15 goa yang ada di kawasan Dusun Bojongmalang tersebut, Gua Sinapel memiliki keindahan yang luar biasa. Lokasinya pun sangat dekat, hanya 15 menit  dari kantor desa.

“Waktu itu saya pernah masuk,ternyata indah banget,” tuturnya.

Salah satu warga setempat, Dadan (30) waktu masuk ke dalam Gua Sinapel mengaku kaget. Ternyata baru pertama kali tahu kalau di kampung halamannya ada lokasi seindah itu

“Jujur saya kaget dan bengong, isi guanya sangatlah indah,” katanya.

Kata dia pengunjung yang masuk ke dalam gua pasti terpesona melihat keindahan alam bawah tanah. Apalaigi dinding-dinding gua berstalagnit begitu indah bagaikan permadani putih mengkilap.

“Dinding bagian atas ada yang berbentuk seperti di pesta hajatan dan suasananya sejuk,” tambahnya. (M. Jerry)***