IKLAN
HUKUM

Tiga Mantan Pejabat Disdik, Divonis Satu Tahun

aep hendy/"kapol"

GARUT, (KAPOL).- Tiga orang mantan pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut serta seorang rekanan divonis masing-masing satu tahun penjara.

Vonis dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (15/11/2017).

Penasehat Hukum para terpidana, Djohan Djauhari, membenarkan vonis yang telah dijatuhkan Pengadilan Tipikor Bandung tersebut terhadap empat klienya.

Selain satu tahun penjara, tutur Djohan, Majelis Hakim juga menetapkan empat kliennya harus membayar denda masing-masing Rp 50 juta serta mengganti kerugian uang negara.

“Memang benar, dalam persidangan yang dilaksanakan hari ini (kemarin) di Pengadilan Tipikor Bandung, klien kami yaitu tiga mantan pejabat Dinas Pendidikan Garut dan satu orang rekanan telah dijatuhi vonis,” ujar Djohan.

Dikatakan Djohan, sebelumnya kasus dugaan korupsi yang melibatkan empat orang klinenya ini ditangani pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut.

Ketiga kliennya tersebut adalah S (mantan Kabid di Disdik Garut), HM (mantan Kasi), DN (panitia pengadaan barang), dan TK (rekanan).

Mereka diduga terlibat dalam kasus korupsi pengadaan alat peraga untuk SMK yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2015.

Keempatnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejari Garut sejak Selasa (7/3/2017) lalu setelah sebelumnya diperiksa sebagi saksi.

Dalam kasus tersebut para tersangka dinilai merugikan negara sebesar Rp 400 Juta.

Kasus itu bermula dari pengadaan alat peraga di SMK. Namun dalam prosesnya para tersangka melakukan penyelewengan di dua sekolah.

Djohan mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih mempertanyakan siapa yang telah menikmati kerugian uang negara tersebut.

Hal ini patut dipertanyakan, karena menurutnya dalam persidangan ditemukan bukti bahwa masing-masing terdakwa tidak pernah menikmati uang kerugian negara tersebut.

“Selama persidangan terungkap bahwa klien kami tak ada yang pernah menikmati kerugian uang negara sebagaimana yang dituduhkan. Lantas siapa yang telah menikmatinya, kita masih mempertanyakan hal itu,” ujar Djohan. (Aep Hendy S)***

 

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top