Tim Gabungan Cek Angkutan Untuk Jemaah Haji

BUNGURSARI, (KAPOL).- Tim Gabungan dari Polres Tasikmalaya Kota, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tasikmalaya dan instansi terkait, menggelar pengecekan kendaraan dan tes urin serta kesehatan bagi sopir armada angkutan khusus  jemaah haji di Pul Budiman Jalan Ir Juanda Kota Tasikmalaya, Kamis (12/7/2018).

“Kami bersama tim gabungan melakukan pengecekan kesiapan dan kelaikan kendaraan angkutan atau armada bis yang akan digunakan para jemaah haji khusunya jemaah Kota Tasikmalaya. Termasuk kami melakukan tes kesehatan terhadap pemgemudi,” kata Kabag Ops Polres Tasikmalaya Kota, Kompol Gandi Djukardi usai melaksanakan cek kendaraan.

Dikatakananya, dari periksaan kendaraan itu ada temuan kendaraan yang kurak laik jalan. Untuk kendaraan yang ditemukan tidak laik itu ada bagian kaca depan yang retak dan pihaknya meminta pihak penyedia armada untuk menggantinya.

Kendaraan yang tidak laik jalan tidak diperbolehkan melakukan pemberangkatan sebelum memenuhi persyaratan dan kelengkapan. Sedangkan Pemberangkatan pertama dari Kota Tasikmalaya pada tanggal 16 juli sekitar pukul 21.00 Wib.

Sementara dalam tes kesehatan dan tes urin, lanjut Gandi, Tes kesehatan dilakukan terhadap sopir dan awak personil angkutan. Jika ditemukan positif pihaknya tidak akan memberikan ijin sopir atau awak angkutan untuk membawa kendaraan dan harus diganti.

Karena hal itu tentunya membahayakan penumpang apalagi ini calon jemaah haji juga membahayakan pengguna jalan lainnya.<br>

Sementara Kepala Operasional PO Budiman, Ajmad Lujen mengatakan, dibutuhkan 10 unit untuk armada jemaah haji tahun ini, maka perusahaan menyediakan sesuai kebutuhan dan menyediakan dua unit kendaraan untuk cadangan. (Erwin RW)***

Komentari