Tim Jelegong Tampil di Tingkat Nasional di Jambi

CIAMIS,(KAPOL),- Setelah sukses ikut mengantarkan Provinsi Jawa Barat menjadi juara umum pada Pelaksanaan POT (Pekan Olahraga Tradisional) tingkat Nasional di Bengkulu Tim Olahraga Tradisional Jelegong, Cidolog, Ciamis kembali membawa harum Ciamis mewakili Jawa Barat tampil dalam perhelatan Festival Olahraga Tradisional tingkat nasional yang berlangsung di Jambi, Jumat-Senin. (6-9/2018).

Ketua kontingen, Beben Hemara, M.Pd. sekaligus Ketua Harian Komunitas Olahraga Tradisional Indonesia (KOTI) Ciamis, mengapresiasi bangga dengan terpilihnya Tim Olahraga taradisonal Jelegong, Cidolog Ciamis mewakili Provinsi Jawa Barat dalam perhelatan Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional tersebut.

“Tentunya kita bangga dengan semua ini, kenapan tidak dari Jelegong mampu tampil sebagagi duta Jabar di tingkat nasional,” ungkapnya

Tim Jelegong Cidolog Ciamis ini sendiri tampil di pentas nasional dengab menampilkan olahraga Kedemplung ataupun sermen.

“Permainan ini dahulu merupakan permainan dengan menggunakan sebuah tongkat masing-masing lawan berusaha untuk bisa memukulkan atau menyentuhkan tongkatnya kearah kaki lawan dari lutut ke bawah,” ungkapnya.

Pemain yang terkena pukulan ataupun sentuhan tongkat dinyatakan kalah.

“Kiranya kita patut berbangga dengan ini semua dimana tentunya prestasi tim olahraga tradisonal dari Jelegong,Cidolog,Ciamis ini dijadikan pilot projek daerah lainya untuk memelihara dan mengembangkan olahraga tradisional,” ungkap Beben Hemara.

Sementara itu,pembina tim olahraha tradisional Jelegong,Cidolog Ciamis yang juga Kepala Desa Jelegong, Dudung Abdurachman, S.IP. mengucapkan banyak terima kasih kepada pembina KOTI Ciamis yang mana hingga selama ini telah berjuang membangjitkan spirit olahraga tradisional di desa Jelegong.

“Kami seluruh warga desa Jelegong merasa sangat bangga olahraga tradisional yang sudah tidak lagi dilakukan diberbagai tempat tatar Galuh masih dilakukan di desa nya, sehingga terpilih untuk tatar Galuh mewakili Provinsi Jabar ke Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional di Jambi,” ungkap Dudung.

Diungkapkan Dudung, olahraga tradisional warga desanya bisa terangkat,di tingkat nasional ini tiadak lain semua berawal dari jajaran KOTI Ciamis.

“Sejak kedatangannya ke balai Desa Jelegong pada tgl 15 Maret yang melihat langsung penampilan Kedemplung ataupun Sermen,pihak pak Beben terus menitivasi kami,” ungkapnya.

Alhasil sejak saat itu kami berlatih lebih intensif dan terus berkoordinasi dengan pihak KOTI yang mana terus membimbing kami pula.

“Sekali kali lagi newakiki warga Jelegong,Cidolog kami haturkan teroma kasih banyak kepaka KOTI Khususnya Pak Beben yang selama ini terus mendirong kami untuk bangkit, mengembangkan dan melestarikan olahraga tradisional warisan leluhur yang banyak memiliki nilai-nilai filosofis,” pungkas Dudung Abdurachman.(Yogi T Nugraha)***

Komentari