Tingkatkan Wawasan Guru PAUD

CIMARAGAS, (KAPOL).- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis DR H Wawan Arifien MM menegaskan, seorang guru pendidikan anak usia dini (PAUD) selain harus memiliki kemampuan profesional sesuai standar yang ditetapkan, semestinya juga membekali diri dengan berbagai wawasan dan pengetahuan tentang anak didiknya.

Wawasan tersebut sangat diperlukan agar guru dapat mengenali karakteristik anak didiknya dengan baik, meliputi pengenalan tentang perkembangan fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, moral keagamaan, seni dan kreativitas termasuk permasalahan yang ditemui dalam berbagai aspek perkembangan tersebut.

“Harus juga diingat, dalam mendidik anak PAUD mesti mengedepankan prinsip pembiasaan, biasakan mereka melakukan hal hal baik, tentu guru PAUD yang memberikan contoh terlebih dahulu,” kata H. Wawan saat membuka kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru PAUD Himpaudi Kecamatan Cimaragas Sabtu (8/9/2018) di Yayasan Pendidikan Al-Fitroh Dusun Pasirnangka Desa Beber Kecamatan Cimaragas. Kegiatan diikuti puluhan guru PAUD dan TK se Kecamatan Cimaragas dan Cidolog.

Karena menurutnya, seorang guru adalah sosok pridadi yang bisa menjadi panutan dan teladan, karena dari setiap perkataan, perbuatan, dan tingkah lakunya akan menjadi sorot pandang bagi anak didiknya. Banyak yang mengatakan bahwa guru itu adalah seseorang yang “digugu dan ditiru”.

“Sehingga kita harus mampu merubah diri kita menjadi lebih baik lagi, karena yang kita didik itu bukan hanya fisiknya saja, namun psikisnya harus kita arahkan dan latih agar terbiasa melakukan hal-hal baik,” ujarnya.

Salahsatu yang mesti diperkuat adalah dengan membiasakan mereka (anak PAUD) bertutur kata yang baik dan sopan.

“Mengucapkan istigfar jika kaget, hambalah ketika mendapat kebahagiaan dan lainya, itu nilai-nilai yang sebenarnya mesti ditanamkan, agar anak kita nanti tak hanya pintar namun soleh,” katanya.

Ketua Himpaudi Kabupaten Ciamis,Tati Solihah berharap lewat kegiatan peningkatan kompetensi guru PAUD ini, para guru Paud bisa lebih profesional dalam mendidik anak usia dini.

“Kita akan dorong para guru PAUD agar selalu meningkatkan kompetensi di antaranya melalui diklat berjenjang pendidik PAUD,” ujar Tati Solihah. (Jujang)***

 

Komentari