oleh

TNI Manunggal KB Kesehatan Terpadu

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Wujud sinergitas antara TNI, Pemerintah dan BKKBN guna meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam membentuk keluarga yang berkualitas, sehat dan sejahtera. Kodim 0612 Tasikmalaya gelar Bakti TNI KB Kesehatan Terpadu, Rabu (25/9/2019).

Dandim 0612 Tasikmalaya, Letkol Inf Imam Wicaksana mengatakan, TMKK atau TNI Manunggal KB Kesehatan yang bekerjasama dengan BKKBN merupakan suatu program yang dicanangkan oleh pemerintah dengan TNI untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam mensukseskan program KB (Keluarga Berencana) .

Menurutnya, tingginya laju pertumbuhan penduduk merupakan persoalan yang harus disikapi secara bijak. Karena daya dukung alam tidak bisa berjalan paralel dengan pertambahan manusia.

Karenanya, Kata Imam, tidak ada cara lain kecuali mengintensifkan program BKKBN untuk meminimalkan pertumbuhan penduduk.

“Aktulisasi program BKKBN dipandang perlu, karena berkaitan dengan jumlah, struktur, pertumbuhan, penyebaran, mobilitas, kualitas dan kondisi kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Untuk itu, lanjut Imam, diupayakan agar TNI bekerjasama dengan BKKBN dapat melakukan pendampingan atau memberi masukan kepada masyarakat agar dapat menerima dengan baik program TMKK.

Dikatakan Imam, Penjabaran dan tindak lanjut pelaksanaan program KB Kesehatan Terpadu melalui bakti sosial TNI, dapat terwujud melalui kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, terutama diwilayah Kodim 0612/Tasikmalaya dan jajaran.

Sementara Sekda Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan menyebutkan, solusi bagi penyelesian masalah kependudukan yang sedang dihadapi bersama khususnya di Kota Tasikmalaya. Serta untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB kesehatan di seluruh wilayah NKRI umumnya dan Kota Tasikmalaya pada khususnya.

Dilaksanakan Program Pencanangan Bhakti TNI KB Kesehatan Terpadu Tingkat Kota Tasikmalaya Tahun 2019.

Pencanangan Bakti TNI KB kesehatan terpadu, tentunya berdampak sangat baik bagi masyarakat. Pihaknya yakin capaian prestasi kegiatan tahun sekarang akan lebih meningkat dan sukses dari tahun-tahun sebelumnya

“Mudah-mudahan setelah dicanangkan jadi tambah semangat. Sehingga capaian pelayanan kesehatan maupun keluarga berencana bisa optimal sesuai target yang telah ditetapkan,” katanya.

Selain itu, kata Ivan, suksesnya program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) kesehatan termasuk program KB, maka partisipasi dan peran semua pihak sangat diperlukan.

Pada kesempatan itu Dandim 0612 Tasikmalaya menyerahkan bantuan 3 buah korsi roda kepada disabilitas. (KP-07)***

Komentar

News Feed