Tolak Perayaan Valentine Day, Muslimah di Ciamis Lelang Hijab

CIAMIS, (KAPOL),-Sejumlah remaja di Ciamis, yang tergabung dalam Inspira Ciamis menggelar aksi tolak perayaan Valentine Day dengan gerakan menutup aurat (Gemar) dan lelang hijab untuk didonasikan kepada panti asuhan dan bencana. Aksi digelar di komplek sirkuit BMX Cigembor Ciamis Minggu (10/2/2019).

Pantauan,(KP) para remaja ini melakukan orasi sambil membentangkan karton bertuliskan tolak valentine day dan gerakan menutup aurat. Dalam orasinya, mereka menjelaskan bahwa Valentine Day bukan merupakan asing. Sehingga tak sepantasnya sebagai generasi muda untuk ikut-ikutan merayakannya. Bahkan Valentine day diidentikan dengan perilaku menyimpang seperti seks bebas.

Aksi ini mendapat tanggapan positif dari warga Ciamis pengunjung komplek BMX. Mereka memilih dan memborong berbagai jenis hijab yang dilelang. Setelah itu, warga membubuhkan tanda tangan di spanduk bertuliskan ‘Muslimah Ciamis Berhijab, Hari Tolak Valentine’ sebagia bentuk dukungan.

“Kami remaja di Ciamis dari berbagai komunitas mengadakan aksi Gemar ini sebagai bentuk kepedulian kita kepada saudara sesama muslimah. Intinya aksi ini sebagai bentuk tolak hari Valentine. Itu bukan budaya kita, kami hanya mengingatkan kepada teman-teman untuk tidak ikut-ikutan merayakannya,” ujar Melati Mustika salah satu peserta aksi.

Sementara, Ketua Pelaksana Dewi Umbara menambahkan aksi Gemar dalam rangka tolak Valentine Day tersebut diadakan setahun sekali. Hijab atau kerudung yang dikumpulkan selama satu tahun. Kemudian dilelang Rp 2.000 – Rp 12.000 sesuai jenisnya.

“Terimakasih kepada masyarakat yang sudah mau ikut berpartisipasi. Uang lelang ini tentunya akan kami donasikan bagi korban bencana dan panti asuhan. Masyarakat bisa mendapat hijab untuk menutup aurat dengan terjangkau,” katanya.

Dewi mengungkapkan, aksi tolak valentine day juga dilaksanakan dengan seminar kepada para pelajar Ciamis d Aula Dinas Pendidikan. Harapannya, perwakilan pelajar di Ciamis yang ikut seminar bisa menyampaikannya kepada teman sekolahnya. Untuk sama-sama tidak merayakan hari valentine.(Yogi T Nugraha)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...