IKLAN
EDUKASI

Ulang Tahun Ke 61, Siswa Satas Lebih Bahagia

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Ada yang berbeda pada perayaan ulang tahun ke 61 di SMA Negeri 1 Tasikmalaya pada Kamis (14/9/2017). Semua siswa di sekolah sibuk dengan berbagai aktifitas. Ada yang sibuk melukis payung, ada yang sibuk lenggak lenggok di atas panggung, ada yang sibuk melayani pelanggan dan lainnya.

Uniknya, pada pagelaran fashion show yang dilaksanakan di lapangan, semua perserta dari perwakilan kelas mengenakan pakaian dari bahan daur ulang. Mereka berkreasi menggunakan sampah menjadi pakaian untuk show. Pagelaran ini pun mendapat respon luar biasa dari para siswa.

Ada yang membuat pakaian dari botol bekas air mineral, dari koran bekas, sampah plastik dan sampah lainnya yang didesain dengan unik dan menarik. Dari kejauahan tampak seperti pakaian yang menggunakan bahan kain. Namun ketika didekati detail sampahnya terlihat jelas.

Di ruang kelas, ada 55 siswa tingkat SMP terlihat serius memainkan kwas dan pensil pada sebuah payung geulis. Anak-anak yang memiliki hobi melukis itu, terlihat piawai melukis payung dengan kreasi berbeda dan unik.

Sedangkan di halaman depan, para siswa yang tergabung dengan kelas kewirausahaan sibuk menawarkan aneka hidangan yang mereka produksi sendiri. Suasana kelas, halaman depan dan halaman belakang sekolah begitu gaduh dengan aneka aktifitas siswa. Para siswa terlihat berbahagia.

Kegiatan tersebut sebagai bagian dalam rangkaian ulang tahun sekolah ke 61 dan Satas Fair yang dimulai pada Kamis dan berakhir pada Senin (18/9/2027) mendatang. Untuk hari pertama kegiatan dibukan secara khusus oleh, Ketua Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Tasikmalaya Wilayah Dua Bandung dan Indonesia Tengah, H Maman Wangsaatmaja.

H Maman dalam kesempatan itu, terkagum-kagum dengan hiruk pikuk para siswa, semua terlihat gembira dan bahagian, saling berinteraksi satu sama lain.

“Model pendidikan yang dilakukan SMA Negeri 1 Tasikmalaya sudah sangat bagus, anak terlihat dinamis ini sangat luar biasa. Siswa diajarkan untuk berkreatifitas. Dengan kata lain sekolah sudah bisa memberikan pembelajaran untuk menjawab tantangan ke depan,” ucapnya.

Kata dia, hal kreatif yang dilakukan di luar jam pelajaran menjadi sangat penting bagi perkembangan anak ke depan. Anak belajar bagaimana membangun jejaring, membangun relasi, dan yang paling utama anak bisa bergembira.

Ini terang dia sebuah prestasi luar biasa yang dilakukan oleh para guru di SMA Negeri 1 Tasikmalaya, bisa mengajar dengan hati, membawa atau mengantarkan anak ke masa depan dengan baik. Dan kuncinya ada kebahagiaan dalam diri anak-anak sehingga ia merasa betah tinggal di sekolah.

“Pendidikan itu harus bisa memberikan kebahagian pada anak-anak. Dan SMA Negeri 1 Tasik ini sudah mewujdukannya, tidak semua sekolah bisa seperti ini. Ini sangat luar biasa dan harus terus ditingkatkan,” katanya.

Kepala Sekolah, SMA Negeri 1 Tasikmalaya, H Pipin Aripin mengatakan, model pembelajaran yang dilakukan di sekolah berbeda dengan sekolah lainnya. Para guru diminta untuk memberikan sentuhan hati dalam setiap mata pelajaran yang diberikan kepada siswa.

Tujuanya jelas bagaimana siswa bisa tumbuh menjadi pribadi yang berkualitas dan memiliki daya kompetitif yang tinggi. Anak diarahkan untuk memiliki kepedulian terhadap almamaternya, peduli terhadap lingkungan dan peduli terhadap masa depannya.

“Agenda kreasi siswa ini dalam upaya membangun jiwa enterpreneur di kalangan siswa dan yang utama membangun rasa kebahagiaan di kalangan siswa. Ini menjadi penting agar siswa tumbuh menjadi pribadi yang memiliki karakter dan kepribadian,” ucapnya.

Agenda sendiri akan berakhir pada Senin mendatang dengan puncak acara dimeriahkan dengan penampilan The Changcuter. Kenapa The Changcuter karena sebelum mnjadi tenar pernah manggung di SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Kemudian juga akan ada Gowesvaganza, atau sepedah santai yang akan dibuka oleh Walikota Tasikmalaya, H Budi Budiman, seminar nasional dan sejumlah agenda lainya. (Abdul Latif)***

Komentari

IKLAN
IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top