IKLAN
EDUKASI

Unpad Sediakan 100 Bangku Kuliah untuk Warga Kab. Tasikmalaya.

Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr.

Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr.

CIPATUJAH (KAPOL,-
Sejak tahun 2012, Universitas Padjadjaran Bandung menggulirkan program yang diberi nama “Nyaah Ka Jabar.”

Dalam program tersebut, Unpad menyediakan 100 bangku kuliah bagi semua Kab./Kota yang ada di Jawa Barat. Termasuk untuk Kab. Tasikmalaya.

Hal itu disampaikan oleh Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. usai acara bakti sosial Unpad, “From Rancabadak for Cipatujah” di lapangan Desa Ciheras Kec. Cipatujah Kab. Tasikmalaya, Minggu (16/8/2015) pagi.

“Kita ada program Afirmasi. Masing-masing Kab./Kota ini akan bersaing untuk bisa masuk di Unpad. Termasuk Kab. Tasikmalaya. Saingannya tidak secara nasional. Tapi regional Jawa Barat saja,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk tahun 2015 ini tercatat ada 70 orang mahasiswa baru asal Kab. Tasikmalaya yang diterima di Unpad melalui program tersebut. Setiap tahunnya, kata Tri, ada jatah 100 bangku kuliah di Unpad. Masing-masing prodi, di jatah dua bangku kuliah. Di Unpad sendiri ada 50 program studi. Jadi jatah totalnya 100 bangku kuliah setiap tahunnya.

“Hanya saja tidak semua Kab./Kota mengambil jatah tersebut,” imbuh Tri.

Setiap tahunnya, kata Tri, rata-rata ada 60 orang mahasiswa asal Kab. Tasikmalaya yang diterima di Unpad melalui program tersebut.

Diharapkan, ujar Tri, Pemerintah Kab. Tasikmalaya bisa mengikat mahasiswa asal Kab. Tasikmalaya yang kuliah di Unpad itu. Tujuannya, ujar Tri, agar ketika mereka lulus dari Unpad, bisa langsung diambil untuk dipekerjakan di Kab. Tasikmalaya. Khususnya di bidang-bidang pekerjaan yang memang SDMnya minim. Seperti halnya kedokteran, Farmasi dan yang lainnya.

“Cara mengikatnya bisa saja dengan menyediakan beasiswa bagi mereka dan setelah lulus, mereka langsung mengabdi untuk membangun Kab. Tasikmalaya,” katanya. (Imam Mudofar)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Aditya Hiracahya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Redaktur : Abdul Latif
Wartawan : Jani Noor, Imam Mudofar, Azis Abdullah, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top