Volume Kendaraan Diprediksi Naik

SINGAPARNA, (KAPOL).-Kepadatan arus lalulintas di jalur Singaparna – Garut menjelang libur tahun baru 2019 masih dimungkinkan bakal terjadi lonjakan. Meski tidak ada libur cuti bersama seperti libur Hari Natal kemarin, namun suasana liburan masih memungkinkan masyarakat untuk berpergian ke sejumlah lokasi wisata.

Dikatakan Kepala Bidang Angkutan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya H Suryanto, kemungkinan besar lonjakan arus lalulintas menjelang tahun baru masih bisa terjadi, walau pihaknya tidak bisa memastikan waktunya kapan. Hal ini seperti halnya pada puncak arus lalulintas libur Hari Natal kemarin yang pada H-1 yakni tanggal 24 Desember, sempat terjadi lonjakan kendaraan hingga mencapai 27.542 unit kendaran roda dua dan roda empat.

“Prediksinya mungkin saja tidak menutup kemungkinan, walau tidak bisa dipastikan untuk waktunya kapan bakal terjadi lonjakan kendaraan. Mungkin saja terjadi, walau tidak seperti H-1 natal kemarin,” jelas Suryanto, Jumat (28/12/2018).

Dikatakan dia, setiap memasuki libur natal dan tahun baru, setiap tahunnya volume kendaran yang melintas ke jalur Singaparna mengalami peningkatan cukup signifikan. Terlebih pada saat kemarin sempat terjadi kepadatan arus lalulintas di jalur gentong, sehingga banyak pula kendaraan yang mencari jalur alternatif menggunakan jalur Singaparna-Salawu.

Guna terus memperlancar arus lalulintas, maka pihaknya menerjunkan sejumlah anggota Dinas Perhubungan di beberapa pos yang telah disiapkan. Selain pos utama di depan Mako Dinas Perhubungan, juga ada posko-posko lainnya, seperti posko perempatan jalan Muktamar Cipasung, posko gentong dan lainnya. Sehingga ketika terjadi kepadatan volume arus lalulintas, petugasnya langsung bisa turun dan mengurai kepadatan sehingga cepat kembali lancar. (Aris Mohamad F)***