IKLAN
BIROKRASI

Wah, Pesawat Operasional Pejabat Asal Pangandaran Ini Rp 80 Miliar

image

PANGANDARAN, (KAPOL).-
Jika publik selalu menyoroti kendaraan operasional Pejabat Pemerintah yang dianggap mahal dan dinilai menghamburkan uang negara, lain hal bagi pejabat perempuan asal Pangandaran yang menjadi Menteri di Kabinet Kerja, Jokowi-JK.

Tak tanggung-tanggung, untuk kendaraan operasional saja harus mengeluarkan kocek Rp 80 miliar. Dia Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan yang selalu menggunakan pesawat pribadinya dalam memperlancar mobilisasi kerja berkeliling nusantara dan luar negeri.

Tak akan ada yang protes memang, meski dia pejabat tinggi pemerintah negeri ini. Pasalnya, kendaraan operasional dia bukan memakai uang negara tetapi uang pribadi yang tentunya berbeda dengan pejabat lain.

Pesawat mungil dengan panjang sekira 15 meter, lebar 5 meter, berkapasitas sembilan penumpang itu bisa terbang diketinggian 10.000 sampai 20.000 kaki.
Secara bentuk sangat cocok bagi Susi yang juga sebagai distributor ikan laut karena memiliki sayap di depan pesawat, mirip ikan paus.

image

Pesawat Piaggio P180 Avanti ini pesawat pribadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudji Astuti yang kerap dipakai mobilisasi | JANI NOOR/"KP"

Piaggio P180 Avanti, ucap staf Operasional Susi Air, Okiyanto menyebutnya. Oki yang ditemui “KAPOL” di Bandara Nusawiru Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran, Sabtu (5/9/2015), mengatakan pesawat ini selain pesawat pribadi juga untuk mobilisasi kinerja Menteri Susi dan disewakan.

Oki pun menerangkan, Maskapai Penerbangan Susi Air (Milik Susi Pudjiastuti) memiliki tiga pesawat Piaggio Avanti untuk disewakan dengan minimal pemakaian dua jam. Selama dua jam, penyewa harus membayar 3.500 dollar atau setara Rp 49 juta jika kurs rupiah 14 ribu.

Saking canggihnya pesawat buatan Italia ini, tutur Oki, berpilot warga asing profesional, karena dari Jakarta ke Nuawiru Pangandaran saja hanya membutuhkan waktu setengah jam. Sementara pesawat lain seperti jenis Grand Caravan paling cepat satu jam. “Maka sangat mahal. Dulu saja Rp 80 miliaran,” ucapnya. (Jani Noor)***

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih Penanggungjawab: AS Wibowo
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Redaktur Pelaksana : Abdul Latif
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Nova Soraya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Wartawan : Imam Mudofar, Azis Abdullah, Ibnu Bukhari, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top