Warga Caringin, Deklarasikan Sensen Komara Sebagai Presiden Pusat RI

GARUT, (KAPOL).- Meski polisi telah menangkap dan memenjarakan sejumlah pengikut aliran sesat Sensen Komara, akan tetapi hal itu tak membuat gentar para pengikutnya yang lain.

Mereka tetap bersikukuh mengakui kalau Sensen Komara merupakan rasul sekaligus presiden mereka.

Pengakuan tersebut bahkan mereka nyatakan dalam sebuah surat resmi yang sengaja mereka kirimkan ke aparat pemerintahan setempat.

Seperti yang baru-baru ini terjadi di wilayah Kecamatan Caringin, dimana pengikut Sensen telah mengirimkan surat kepada jajaran Muspika setempat yang isinya mendeklarasaikan Sensen sebagai Presiden Pusar Republik Indonesia.

Perilaku nekad pengikut Sensen tersebut dilakukan bertepatan dengan pelaksanaan sidang gugatan sengketa Pilpres 2019 yang diajukan kubu Prabowo-Sandi tepatnya Jumat (14/6/2019).

Mereka seolah sengaja ingin menunjukan sikap bahwa mereka sama sekali tak peduli apakah sidang itu akan dimenangkan oleh kubu Jokowi-Ma’ruf atau Prabowo-Sandi tapi mereka tetap mengakui jika presiden mereka adalah Sensen Komara.

Si pembuat surat, Nara Sopandi yang merupakan warga Kampung Babakan Limus, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin menyebutkan bahwa Sensen bagi mereka bukan hanya sebagai rasul dan presiden akan tetapi juga sebagai imam Negara Islam Indonesia.

Surat yang dibuat melalui tulisan tangan pada 9 Juni 2019 itu pun kemudian ia kirimkan ke jajaran Muspika Caringin.

Selain pernyataan yang ditulis tangan, terdapat juga selembaran yang diketik dan dikeluarkan oleh Hamdani beserta ulama besar (ulama pancasila), jenderal bintang IV angkatan udara Negara Islam Indonesia, Abdul Rosyid.

Tulisan tersebut dikeluarkan di Kecamatan Caringin, Garut pada 11 Juni 2019.

Kapolsek Caringin, Iptu Sularso, mebenarkan adanya surat yang dibuat warga pengikut aliran Sensen yang dikirimankan kepada aparat pemerintahan setempat.

Surat dibikin oleh seorang warga atas nama Nara Sopandi yang merupakan warga Kampung Babakan Limus, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin yang sejak dulu memang dikenal sebagai pengikut setia aliran yang diajarkan Sensen Komara.

“Pada Desember 2018 lalu, kakak kandung Nara Sopnadi, Hamdani ini juga sempat membuat kehebohan karena telah membuat pernyataan bahwa ia dan keluarganya menganggap Sensen sebagai rasul. Kini adiknya kembali membuat ulah dengan membuat surat yang menyatakan Sensen merupakan Presiden Pusat Republik Indonesia,” ujar Sularso, Jumat (14/6/2019).

Dikatakannya, saat ini Hamdani sudah menjalani proses hukum dan kasusnya tinggal menunggu putusan dari pengadilan.

Namun, apa yang menimpa Hamdani tersebut tak membuat warga lainnya salah satunya Nara Sopandi takut untuk berulah.

Bahkan, ia juga nekad membuat surat pernyataan yang kemudian sengaja dikirimkannya ke aparat pemerintahan setempat.

Diakui Sularso, berdasarkan hasil pendataan, di daerah Caringin memang cukup banyak pengikut aliran Sensen.

Bahkan hal ini sudah berlangsung sejak lama sehingga cukup menimbulkan keresahan bagi warga sekitar bahkan smepat menimbulkan gejolak.

Untuk mencegah terjadinya hal yang tak diharapkan, tuturnya, pihaknya sudah melakukan berbagai langkah antisipasi di antaranya dengan cara menenangkan warga untuk tetap menahan diri dan tidak main hakim sendiri.

Warga merasa sangat kesal mengingat kejadian seperti ini bukan yang pertama kalinya akan tetapi sudah berulangkali terjadi.

“Pasca beredarnya surat tersebut, kami langsung melakukan tindakan. Kasus ini pun saat ini sudah kami laporkan ke Polres Garut dan kini langsung ditangani Satreskrim Polres Garut,” ucap Sularso.

Lebih jauh diungkapkan Sularso, sebelumnya warga juga dibuat geram dengan ulah para pengikut aliran Sensen di daerah tersebut.

Secara terang-terangan mereka telah meminta izin untuk melaksanakan solat dengan menghadap ke arah timur.

Namun hingga sejauh ini warga masih bisa menahan diri dan menyerahkan sepenuhnya penanganan kasusnya ke pihak berwajib.

“Memang harus ada tindakan cepat karena jika tidak hal ini bisa memicu kemarahan warga yang memang sudah lama merasa geram dengan ulah para pengikut Sensen,” kata Sularso. (Aep Hendy S)***

Diskusikan di Facebook
Baca juga ...