Warga Ciwalen Garut Kota Berbenah

GARUT, (KAPOL).- Ada yang berbeda dilingkungan pemukiman penduduk di Kelurahan Ciwalen, Kecamatan Garut Kota.

Betapa tidak, pemukiman yang sebelumnya kumuh itu berubah cantik.

Tembok-tembok yang dahulu kusam, jalanan becek, saluran air tak beraturan kini berubah total menjadi baik.

Lukisan-lukisan kartun yang lucu dengan warna-warni menghiasi tembok-tembok rumah, benteng jalan, dan bangunan lainnya, sehingga tampilannya menarik.

Warga pun kini lebih ceria dan lebih optimistis menjalani hidup, bahkan ketika “KAPOL” berkunjung ke lokasi itu pun, warga begitu antusias melayaninya.

Berjalan dilingkungan itu seketika membuat pikiran menjadi segar karena mata dimanjakan oleh lukisan-lukisan atraktif beragam warna dilingkungan padat penduduk tersebut.

Kebanyakan lukisan tersebut merupakan gambar kartun yang lucu dan ampuh menerbitkan senyum.

Dilokasi itu pun lukisan berbentuk pemandangan-pemandangan dengan cat warna warni membuat kecerahan dari segala sudut dan tak pelak memunculkan perasaan nyaman ketika berada di pemukiman yang berdekatan dengan gedung Pedagang Kaki Lima (PKL) 1 Jalan Guntur.

Lurah Ciwalen, H. Agus Tomi mengatakan, wilayahnya tidak ingin disebut lagi kawasan kumuh, oleh karena itu dia bersama warga mengecat lingkungan ini dengan warna warni.

“Kami ingin Ciwalen ini disebut kelurahan pelangi artinya penuh dengan warna warni tetapi dalam satu kesatuan. Kami ingin warga ini ceria, kami tidak ingin disebut lingkungan kumuh, Meskipun dekat dengan gedung PKL yang katanya kumuh tapi toh dilingkungannya malah bersih, ceria penuh warna warni,” kata Agus, Senin (16/4/2018).

Dia menyebutkan, meskipun dengan biaya swadaya masyarakat tetapi dirinya optimistis dalam waktu dekat ini sebanyak 14 RW di Kelurana Ciwalen lingkungannya akan di cat warna warni.

“Ide ini mulanya inisiatif dari Ibu ibu PKK. Lalu kami bergabung dan ajak warga. Alhamdulillah warga respon menyambutnya dengan baik, sehingga mereka pun rela mengeluarkan biaya sendiri untuk mempercantik lingkungannya,” ujarnya.

Bahkan, proses pengerjaan pun melibatkan ibu ibu kader, anak-anak, remaja dan warga lainnya.

“Kreativitas yang penuh inovasi dari ibu ibu ini perlu didukung. Makanya dalam bulan ini dalam rangka menyambut lebaran seluruh lingkungan kelurahan Ciwalen yang berada dilingkungan Garut Kota akan di cat warna warni.” kata Agus.

Menurut dia, kegiatan gotong-royong menata lingkungan itu murni dan iklas dari hati nurani warga, dan tidak dilatar belakangi politik meskipun warna warni yang disajikan merupakan warna warna partai politik.

Dan kini wajah pemukiman ini sudah berubah total menjadi lebih bersih, menarik, dan bermartabat. (Dindin Herdiana)***

Komentari