Warga Dapatkan Hak Pilih

​Kerja siang malam 

TAWANG, (KAPOL).- Upaya keras KPU dan Disdukcapil Kota Tasikmalaya membuahkan hasil. Setelah sebelumnya hampir tercoret dari daftar pemilih Pilkada Kota Tasikmalaya, sebanyak 
14.240 warga telah melakukan perekaman EKTP. Bahkan melebihi dari jumlah yang dirilis KPU beberapa waktu lalu. 

“Per hari ini, sudah ada 15.679 yang melakukan perekaman EKTP serta mendapatkan surat keterangan sebagai dasar masuknya ke dalam daftar pemilih. Kerja siang malam dan dihari libur membuahkan hasil positif,” kata Komisioner KPU Kota Tasikmalaya, Hotum Khotimah kepada “KP”, Jumat (2/12/2016). 

Dari jumlah tersebut, sebagian diantaranya dimasukan ke Daftar Pemilih Sementara (DPS) tambahan. Sisanya sudah terdaftar di DPS yang beberapa waktu lalu sudah ditetapkan. “Nanti kita tetapkan daftar pemilih tetap itu tanggal 6 Desember ini,” ujarnya. 

“Ini juga belum masuk semua, katanya masih ada tiga ratus yang perlu direkapitulasi. Jadi kemungkinan tidak ada warga yang kehilangan hak pilihnya,” katanya menjelaskan. 

Imbas dari belum adanya blanko untuk pencetakan EKTP, sebagai penggantinya menggunakan surat keterangan dari Disdukcapil. Menurut aturan, kata dia, itu cukup untuk persyaratan memiliki hak suara di waktu pencoblosan 15 Februari mendatang. 

“Termasuk 2.553 pemilih pemula yang pada waktu hari-H pencoblosan berusia 17 tahun. Jadi semua yang dulu dikhawatirkan akan kehilangan hak pilih sudah teratasi,” ujarnya. 

Sebelumnya KPU Kota Tasikmalaya menetapkan rekapitulasi hasil pemutakhiran data menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) yakni 472.890 pemilih. (Inu Bukhari)

Komentari