Warga Paledah Siap Gelar Ruwatan Kampung

PADAHERANG, (KAPOL).-Untuk mengahadapi 1 Muharram 1440 Hijriyah atau bulan Syuro, warga masyarakat di Kedung Citanduy, Dusun Cibadak Desa Paledah siap-siap melaksanan ruwatan kampung.

Agenda rutin tahunan tersebut bakal melibatkan seluruh warga kampung, tokoh masyarakat dan kasepuhan yang akan dilaksanakan tepat pada tanggal satu Muharram.

Tokoh masyarakat Desa Paledah, Warino mengatakan kegiatan ruwat kampung atau bersih-bersih kampung rencananya akan melibatkan seluruh warga, para pini sepuh serta tokoh masyarakat.

Ia berharap dengan adanya ruatan atau bersih kampung ini menjadi satu moment menuju Cibadak – Mekarjaya yang Jaya.

“Ruwat kampung ini merupakan peninggalan nenek moyang sejak jaman dulu khususnya di Dusun Cibadak,” ungkapnya Selasa (10/7/2018).

Menurutnya, bersih kampung ini adalah simbolnya cara berpikir yang lama ke cara berpikir yang baru menuju yang lebih bergerak membangun Cibadak – Mekarjaya yang Makmur dengan Gerakan Ekonomi Kerakyatan Kewirausahaan Agribisnis.

“Kedepan sampai 100 tahun bahkan lebih, Kampung Cibadak – Mekarjaya bisa menjadi pelopor dan contoh di Desa Paledah,” tuturnya.

Dirnya juga berharap, Dusun Cibadak – Mekarjaya ini bisa menjadi contoh kampung lain yang ada di Provinsi Jawa Barat yang bisa menjadi lebih baik, lebih maju, gotong royong, keguyuban, dan semakin rukun.

“Mudah-mudahan Dengan adanya ruwatan ini bisa menjadi pemersatu di Kabupaten Pangandaran khususnya Desa Paledah,”  ujarnya. (M.Jerry/KAPOL)***

Komentari