Waspadai Bahaya Gawai Pada Anak-anak

CIAMIS, (KAPOL),-Penggunaan gadget dan internet oleh anak-anak di kalangan pelajar memiliki dampak positif dan negatif. Demikian hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Dr.H.Wawan S Arifien Kamis (8/11/2018).

Terkait dampak negatif, lanjut H.Wawan S Arifien orangtua diharapkan untuk tidak membiarkan anak menggunakan gadget dan internet begitu saja.

“Tetap harus dilakukan pendampingan seperti memantau dan memeriksa apa yang mereka lakukan di gadget dan internet serta memantau waktu anak-anak menggunakan gadget.

“Saat ini tak bisa kita pungkiri masih ada orangtua yang tidak sadar dengan dampak negatif penggunaan internet di gadget oleh anak-anak,” tegas H.Wawan S Arifien.

Kendati pun ada yang sudah tahu, mirisnya tetap membiarkan anak menggunakan gadget begitu saja.

“Masalah utama adalah orangtua tidak sadar banyak dampak negatif pada gadget. Misalnya mereka merasa anak-anaknya aman di rumah dengan internet daripada di luar. Padahal, tidak begitu, risiko di internet juga tidak kalah besar,” tegas H.Wawan S Arifien.

Kita tidak mungkin menutup akses internet atau anak dipaksa meninggalkan gadget,yang mana hal ini menjadi sebuah tuntutan untuk melek teknologi bagi anak-anak semua.

“Karena itu orangtua harus mendampingi dengan memantau dan memeriksa yang mereka lakukan di internet dengan gadgetnya,” ujarnya.

Selain itu, para orangtua juga harus masuk ke dunia online anak dan menjadi sahabat mereka. Orangtua pun harus membuat pengaturan tentang penggunaan gadget.

“Pengawasan ini sangat penting, karena ketimbang orang dewasa, anak-anak lebih mudah menjadi korban kejahatan di internet,” katanya.

Diungkapkan H Wawan S Arifien A
anak-anak tetap menjadi sasaran empuk karena mudah diajak dan dirayu, mereka tidak punya self protection seperti orang dewasa.,”

“Hingga demikian menilai penting bagi orangtua untuk mengarahkan anak di internet. Selain itu, orangtua juga harus mengajarkan kepada anak untuk bertanggung jawab atas segala hal yang diunggah di internet,” ungkapnya.

Menurut H.Wawan S Arifien, pengawasan terhadap anak dalam menggunakan internet dan gadget harus dilakukan dengan serius.
terlebih lagi, saat ini banyak hal sudah terkoneksi ke internet.

“Oleh karena itu, orangtua harus membekali anak dengan arahan dan bicarakan apa yang boleh dilakukan dan tidak di internet melalui gadgetnya,” jelas H.Wawan S Arifien.(Yogi T Nugraha)***

Komentari