IKLAN
LINIMASA

Waspadai Sapi Qurban, Ada yang Terdeteksi Positif Antraks

image

SINGAPARNA, (KAPOL).-
Ketersediaan hewan qurban menjelang Iduladha di Kab. Tasikmalaya terbilang masih stabil. Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kab. Tasikmalaya mencatat saat ini jumlah hewan kurban jenis sapi di Kab. Tasikmalaya ada 2000 ekor. Sapi itu di datangkan dari berbagai daerah di Indonesia. 45 ekor dari Lampung, 120 ekor dari Banyuwangi Jawa Timur dan 300 ekor dari Jawa Tengah.

“Sisanya dari Kab. Tasikmalaya dan daerah lain di Jawa Barat,” ujar Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kab. Tasikmalaya, Apep Saepul Rahmat, saat dihubungi Jum’at (11/9/2015) pagi.

Ia menambahkan, masyarakat perlu waspada untuk sapi yang berasal dari daerah Sragen dan Boyolali. Pasalnya dari kedua daerah tersebut pernah ditemukan sapi yang positif terkena penyakit antraks.

“Makanya sejak beberapa hari lalu kita gencar melakukan pemeriksaan,” imbunya.

Sejauh ini, kata Apep, pihaknya sudah memeriksa sekitar 200 ekor sapi. Belum ditemukan adanya sapi yang terindikasi mengidap antraks. Upaya lain juga dilakukan. Salah satunya, kata Apel, dengan mempersiapkan petugas pemeriksa di perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah.

“Kita siapkan petugas di Banjar untuk mengecek dokumen kesehatan dan perjalanan sapi yang dikirim,” imbuhnya. (Imam Mudofar)

Komentari

IKLAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Direktur : H. Usman Rachmatika Kosasih
Pemimpin Redaksi : Duddy RS
Teknologi Informatika : Deni Rosdiana
Promosi dan Iklan : Aditya Hiracahya
Kesekretariatan : Dede Nurhidayat, Sopi
Redaktur : Abdul Latif
Wartawan : Jani Noor, Imam Mudofar, Azis Abdullah, Astri Puspitasari, M. Jerry

Alamat Redaksi : Jl. RE. Martadinata No. 215 A Kota Tasikmalaya 46151

To Top