Yudha Putra Turnawan, Masalah Sampah Tak Hanya Tanggung Jawab Pemda

GARUT, (KAPOL).- Manajemen pengelolaan sampah bukan hanya tanggungjawab pemerintah daerah saja.

Tetapi, pengelolaan sampah pun menjadi tanggung jawab masyarakat.

Karena, jika hanya dibebankan pada pemerintah daerah saja untuk menangani sampah terlalu berat.

Apalagi, kalau berbicara masalah sampah plastik yang baru bisa terurai hingga ratusan tahun.

Disampaikan anggota DPRD Garut, Yudha Putra Turnawan, yang juga
merupakan Direktur Program tim Kampanye Daerah Koalisi Indonesia Kerja Jokowi Maruf Kabupaten Garut, seusai membuka kegiatan lomba pungut sampah plastik di Kelurahan Sukamentri Kecamatan Garut Kota, Minggu (3/3/2019).

Ia menuturkan, kegiatan ini salah satu bentuk perhatian Koalisi Indonesia Kerja terhadap permasalahan sampah plastik, dan acara ini juga sebagai sosialisasi kampanye pemenangan Jokowi Ma ruf di kabupaten Garut.

“Makanya, saya perlu mengadakan
gerakan pungut sampah yang fokusnya sampah plastik, karena sampah ini sulit terurai hingga harus menunggu ratusan tahun, ” ucapnya.

Yudha mengatakan, tahun 2019 ini setiap Kelurahan mendapatkan bantuan dari APBN, namun besarannya tidak sama dengan dana desa.

“Kami sudah berkomunikasi dengan kelurahan Sukamentri, dana Kelurahan itu salah satunya akan digunakan untuk pengadaan roda sampah yang diberikan ke tiap-tiap RW. Jadi pas dengan program Pa Presiden,” kata anggota DPRD Garut dari Fraksi PDIP tersebut.

Sementara itu, ratusan warga Kelurahan Sukamentri antusias mengikuti lomba pungut sampah plastik yang diselenggarakan Tim Pemenangan Jokowi-Amin Ma ruf Kabupaten Garut.

Lomba yang berhadiah mesin cuci dan uang tunai itu berlangsung siang menjelang sore.

Yudha menyebutkan, selain sosialisasi Jokowi Ma ruf, juga untuk membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan, karena semua itu merupakan tanggung jawab bersama. (Dindin Herdiana)***

Diskusikan di Facebook